Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi kapal. Foto: kbknews.id

Ilustrasi kapal. Foto: kbknews.id

Restrukturisasi Keuangan, PT Capitol Nusantara Indonesia Jual Kembali Kapal

Rabu, 11 Desember 2019 | 01:16 WIB
Ghafur Fadillah

JAKARTA, investor.id --PT Capitol Nusantara Indonesia Tbk (CANI) tahun 2020 mendatang, berencana untuk fokus memperbaiki kinerja keuangan dengan menjual beberapa armada yang dimiliki perseroan.

Direktur Keuangan Jansen Warokka, menjelaskan dana hasil penjualan kapal tersebut nantinya akan digunakan untuk restrukturisasi keuangan untuk mengurangi beba dan sisanya akan digunakan untuk modal kerja perseroan pada tahun mendatang.

"Kapal yang kita jual sudah berumur tua dan masa pakai yang sudah lama, mungkin 10% dari total 56 kapal yang ada pada  tahun depan nanti akan kami coba untuk rilis/jual lagi karena sebagian besar masih beroperasi," jelasnya pada saat dihubungi Investor Daily, Selasa (10/12).

Jansen Menambahkan perseroan juga berminat untuk melakukan pembelian kapal baru yang sudah memiliki kontrak berjalan, namun  pada saat ditanyakan perseroan enggan merinci berapa nilai investasi yang akan dikeluarkan maupun jenis kapal yang akan perseroan incar.

"Kami akan lihat dari masa pakai kapal tersebut lalu berapa lama sisa kontrak yang masih tersisa, kami incar dengan sisa kontrak sekitar 2-3 tahun atau kontrak dengan jangka waktu yang panjang (longterm)," Paparnya.

Kemudian perseroan mengatakan setelah pembelian kapal tersebut sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan pengiriman dalam negeri dan luar negeri terlebih melihat tingkat jumlah smelter-smelter baru di Indonesia semakin banyak. Selain itu Jansen menjelaskan saat ini perseroan tengah menjajaki kontrak baru dengan mitra dari luar negeri

“Karena kita dealnya sama owner yang memiliki konsesi jadi sampai saat ini masih kita bicarakan,” kata dia.

Sebelumnya emiten yang berkode CANI ini sempat membatalkan penjualan aset sejumlah kapal. Pembatalan tersebut diakibatkan belum adanya realisasi pembayaran dari pihak pembeli. Penjualan tersebut berupa aset,  seperti beberapa kapal tongkang, tug boat, dan crane. Keterbukaan informasi tersebut disampaikan ke publik pada 29 Desember 2017.

Sekretaris Perusahaan Capitol Riduwan Kosasih mengatakan, pembatalan akibat belum adanya penyelesaian pembayaran oleh pihak pembeli.

"Perseroan memutuskan untuk membatalkan rencana transaksi yang sudah dilaporkan dalam keterbukaan informasi pada 29 Desember 2017," ujarnya melalui siaran pers diterima Investor Daily di Jakarta.

Perseroan melalui keterbukaan informasi sebelumnya menyebutkan akan menjual kapal tongkang AK151, AK152, AK153, Capitol 1081, dan Capitol 1082. Perseroan juga berniat menjual beberapa unit  tug boat MV ASL Triaksa, SV ASL , ASL Mantrus, ASL Sentosa, dan Nusantara Abadi 1. Sedangkan beberapa unit crane yang awaknya direncanakan dijual, yaitu CC Hitachi Sumitomo SCX2000 dan CC Kobelco 250 ton.

Namun demikian pihaknya tidak menyebutkan nilai penjualan seluruh aset tersebut.  Riduwan menambahkan, pembatalan penjualan tersebut tidak berdampak terhadap kegiatan operasional, hukum,  kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha perseroan. Perseroan juga menyebutkan bahwa aksi tersebut tidak akan mempengaruhi kelangsungan usaha perseroan secara material.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN