Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Itama Ranoraya

Itama Ranoraya

RENCANA KERJA IRRA 2021,

RIlis Produk Baru hingga Ubah Model Bisnis

Rabu, 16 Desember 2020 | 22:51 WIB
Ghafur Fadillah

JAKARTA, investor.id - PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA) meningkatkan penetrasi pasar, perseroan mempersiapkan produk baru bernama Avimac yang akan dipasarkan oleh perseroan pada tahun depan. Untuk meningkatkan nilai perusahaan, perseroan juga berniat mengubah model bisnisnya.

Direktur Utama Itama Ranoraya Heru Firdausi Syarif menjelaskan, penambahan produk ini dilakukan perseroan untuk memperbesar ruang pertumbuhan perusahaan ke depannya. Avimac sendiri adalah produk Imunomodulator untuk meningkatkan imun tubuh milik perseroan.

Saat ini produk tersebut sedang dalam uji klinis tahap-3 di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan dapat dipasarkan di apotek atau toko obat yang tersebar di seluruh Indonesia pada tahun depan.

“Untuk target kontribusi sendiri, perseroan saat ini masih belum bisa mengkalkulasikan besaran pastinya. Namun kami yakin dapat meningkatkan pendapatan,” jelasnya saat paparan publik virtual, Rabu (16/12).

Heru melanjutkan, upaya lainya untuk meningkatkan nilai perusahaan agar lebih optimal, yakni dengan melakukan perubahan model bisnis dari Medical Equipment Supplier menjadi Manufacturer dan Innovator peralatan medis dengan visi HiTech Healthcare Solutions

“Covid-19 secara langsung meningkatkan kinerja sektor kesehatan, maka dari itu langkah ini kami harapkan dapat meningkatkan kontribusi kami pada pemerintah dan sektor kesehatan lainya,” ujarnya.

Dengan demikian, perseroan optimistis dapat membukukan kinerja yang lebih tinggi dari segi pendapatan dan laba. Hal ini juga didukung dengan ekspektasi peningkatan belanja pemerintah dalam penanganan Covid-19. Seperti yang diketahui pada siang hari ini Presiden Jokowi mengumumkan bahwa pemerintah akan memberikan vaksinasi secara gratis pada seluruh masyarakat di Indonesia.

Menanggapi pernyataan tersebut, Itama Ranoraya akan fokus dalam pemenuhan permintaan pemerintah yang ditopang oleh beroperasinya pabrik ke-2 milik PT Oneject Indonesia sebagai Sister Company. Hadirnya pabrik ke-2 tersebut akan membuat total kapasitas yang dimiliki OneJect mencapai 1,2 miliar jarum suntik sekali pakai (ADS) dan Safety Needle per tahun.

“Sekaligus mengukuhkan OneJect Indonesia sebagai produsen jarum suntik sekali pakai (ADS) dan safety needle terbesar di ASEAN,” kata dia.

Di sisi lain, Direktur Keuangan perseroan Pratoto Satno Raharjo mengatakan, menilai  sepanjang tahun 2020 performa perseroan telah melampaui target yang ditetapkan. Lantaran pertumbuhan pendapatan sejauh ini telah melebihi target yang sebelumnya ditentukan perseroan yakni 20%.

Berdasarkan laporan keuangannya, hingga akhir September 2020, perseroan membukukan pendapatan sebesar Rp 141,06 miliar, tumbuh 9,4% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kontribusi Alat Kesehatan Non Elektromedik (Alat Suntik) naik 19,3% menjadi Rp33,14 miliar lalu Produk Diagnostic In Vitro meningkat 6,5% menjadi Rp107,77 miliar.

Adapun laba usaha perseroan tercatat sebesar Rp 11,36 miliar, tumbuh 31,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang tercatat sebesar Rp8,6 miliar. Sementara untuk perolehan laba bersih, tumbuh lebih tinggi yaitu 46,4% menjadi Rp9,03 miliar.

Menurut Pratoto, capaian positif tersebut tak lepas dari meningkatnya permintaan penyediaan mesin plasma darah untuk 45 RS Rujukan Covid-19, pengadaan jarum suntik ADS untuk program vaksin dan terakhir pengadaan Swab Antigen Test.

“Pendapatan dan laba bersih kami perkirakan mampu bertumbuh hingga 30% di akhir tahun 2020 nanti,” jelas dia.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN