Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
jalan tol. Foto ilustrasi: dok. Investor Daily

jalan tol. Foto ilustrasi: dok. Investor Daily

Road King Group Akuisisi 2 Ruas Tol Waskita

Farid Firdaus, Rabu, 2 Oktober 2019 | 13:13 WIB

JAKARTA, Investor.id –  Road King Infrastructure Ltd melalui anak usahanya, Kings Key Ltd, menandatangani conditional sale and purchase agreement (CSPA) akuisisi masing-masing 40% saham dalam dua ruas tol milik PT Waskita Toll Road, anak usaha PT Waskita Karya Tbk (WSKT).

Sedangkan pembelian bakal dilakukan dalam berbagai tahapan, mulai dari uang muka hingga pinjaman (shareholder loan) senilai Rp 2,1 triliun. Bahkan, Road King yang tercatat di Bursa Efek Hongkong ini membuka peluang untuk pendanaan lanjutan senilai Rp 863 miliar untuk kedua ruas tol tersebut.

CSPA dilakukan pada 30 September 2019. Saham dua ruas tol yang dibeli Kings Key tersebut adalah milik Waskita dalam PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), pengelola ruas tol Solo-Ngawi dengan masa konsesi hingga 2056. Serta dalam PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNKK), pengelola ruas tol Ngawi-Kertosono dengan masa konsesi hingga 2066.

“Selain ekuitas, Kings Key juga setuju untuk membeli saham pada JNKK dengan pemberian pinjaman pada saat penyelesaian transaksi,” kata manajemen Road King dalam keterangan resmi, Rabu (2/10)

Rincian CSPA ini antara lain, Kings Key membayar uang muka Rp 1,32 triliun atau setara HK$ 729,3 juta untuk 40% saham JSN. Lalu, senilai Rp 562 miliar atau setara HK$ 310,5 juta untuk 40% saham JNKK.

Pada bagian shareholder loan, nilai yang akan dibayar saat tanggal penyelesaian transaksi sekitar Rp 226 miliar ditambah bunga Rp 63 miliar, dan biaya provisi Rp 772 juta.

Sesuai rencana, pembayaran akan dilakukan dalam sejumlah tahapan. Pertama, 60% dari harga pembelian saham JNKK dan 100% dari harga pembelian JSN, serta pinjaman kepada JNKK harus dibayar Kings Key saat tanggal penyelesaian.

Tahap selanjutnya, 40% dari harga pembelian saham JNKK akan dibayarkan Kings Key saat tahun pertama, setelah penyelesaian transaksi dilakukan. Untuk mengamankan pembayaran tersebut, Kings Key atau pemegang saham pengendali akan memberikan Waskita Toll Road dukungan kredit, yang disertakan bank garansi atau rekening escrow.

Manajemen Road King menjelaskan, CSPA ini berdasarkan negosiasi jangka panjang antara kedua belah pihak. Nilai akuisisi telah telah memperhitungkan perkembangan jaringan lalu lintas di Indonesia.

“Perhitungan ini berdasarkan studi WB Group Consulting (Shenzhen) Ltd per September 2019 untuk jalan tol Solo-Ngawi dan Ngawi-Kertosono, serta biaya proyek untuk pembangunan ruas dari Kertosono-Kediri,” kata manajemen.

Penyelesaian CSPA juga tunduk kepada sejumlah syarat dan dinyatakan batal apabila Kings Key dan Waskita tidak memenuhi preseden pada 12 Desember 2019, atau tanggal lain yang disepakati kedua belah pihak. Transaksi ini juga harus mendapat persetujuan dewan komisaris Waskita Toll Road pada 30 Oktober 2019.

Adapun, terdapat sejumlah kompensasi dalam perjanjian pembelian saham JSN. Kompensasi ini akan tergantung dari penyelesaian transaksi nantinya. Lalu, hal ini juga berlaku apabila JSN dengan otoritas jalan tol Indonesia melakukan amandemen konsesi.

Kompensasi yang dimaksud adalah Kings Key bersedia membayar kepada Waskita Toll Road hingga Rp 194 miliar setelah penyesuaian tarif jalan tol, yang dikenakan berdasarkan perjanjian konsesi JSN. Penyesuaian mulai berlaku pada tahun 2021.

Lalu, ada juga kompensasi hingga Rp 428 miliar untuk JSN dari otoritas jalan tol Indonesia pada 2021 sesuai dengan perjanjian amandemen konsensi JSN.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA