Menu
Sign in
@ Contact
Search
ilustrasi nilai tukar rupiah
sumber: Antara

ilustrasi nilai tukar rupiah sumber: Antara

Rupiah Masih di Tren Pelemahan

Kamis, 18 Agustus 2022 | 15:24 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Pada penutupan pasar Kamis (18/7/2022) sore ini, mata uang rupiah ditutup melemah 68 poin walaupun sebelumnya sempat melemah 80 poin di level Rp 14.836 dari penutupan sebelumnya di level Rp 14.768.  

“Sedangkan untuk perdagangan besok, mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatuf namun ditutup melemah di rentang Rp 14.820-14.870,” kata Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi, Kamis (18/8/2022).

Sementara, dolar AS  menguat terhadap mata uang lainnya dikamis, setelah risalah dari pertemuan Federal Reserve Juli menunjukkan bahwa pejabat Fed khawatir bank sentral AS dapat menaikkan suku bunga terlalu jauh sebagai bagian dari komitmennya untuk mengendalikan inflasi.

Baca juga: BI: Kinerja Rupiah Paling Stabil di Dunia

Sekilas perdebatan yang muncul di bank sentral, "banyak" peserta mencatat risiko bahwa Fed "dapat memperketat sikap kebijakan lebih dari yang diperlukan untuk memulihkan stabilitas harga," fakta yang mereka katakan membuat sensitivitas terhadap data yang masuk semua yang lebih penting.

Itu terjadi setelah Ketua Fed Jerome Powell mengatakan pada pertemuan Juli bahwa dampak kenaikan suku bunga Fed hingga saat ini masih membangun dalam perekonomian, dan tergantung pada bagaimana inflasi merespons dalam beberapa bulan mendatang yang dapat memungkinkan bank sentral untuk mulai memperlambat laju inflasi. tingkat meningkat.

Baca juga: Gubernur BI dan Menkeu Luncurkan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022

Besarnya ekspektasi kenaikan suku bunga Fed berikutnya diharapkan bergantung pada inflasi harga konsumen dan data pekerjaan untuk Agustus, yang akan dirilis sebelum pertemuan September.

Peluang kenaikan 75 basis poin pada bulan September turun menjadi 40% setelah risalah rapat, dari 52% sebelumnya pada hari Rabu, dengan kenaikan 50 basis poin sekarang dilihat sebagai kemungkinan 60%.

 

 

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com