Menu
Sign in
@ Contact
Search
Sejumlah nasabah melakukan transaksi menggunakan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di Jakarta. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Sejumlah nasabah melakukan transaksi menggunakan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di Jakarta. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Saham Bank BUMN Melesat, Bagaimana Sebenarnya Prospek Saham Bank Tahun Ini?

Rabu, 20 Juli 2022 | 15:56 WIB
Parluhutan Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Harga saham emiten bank BUMN berhasil melesat sepanjang hari ini yang berimbas terhadap lonjakan saham sektor keuangan mencapai 2,41%. Sedangkan indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (20/7), ditutup melesat 138,65 121 poin (2,06%) menjadi 6.874,74.

Kelima saham bank BUMN terdiri atas PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri Tbk (BBRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS).

Baca juga: Bank akan Lebih Pelit Berikan Kredit di Kuartal III-2022, Kenapa?

Penguatan tertinggi dicetak saham BMRI dengan kenaikan Rp 475 (6,40%) menjadi Rp 7.900, disusul saham BBNI naik Rp 375 (5,14%) menjadi Rp 7.675. Kenaikan juga dicetak saham BBRI senilai Rp 190 (4,62%) menjadi Rp 4.300, saham BBTN naik Rp 30 (2,09%) menjadi Rp 1.465, dan saham BRIS menguat Rp 15 (0,99%) menjadi Rp 1.530.

Tidak hanya itu, saham bank pelat merah menduduki nilai transaksi terbanyak, seperti nilai transaksi saham BBRI mencapai Rp 1,05 triliun, disusul BMRI senilai Rp 931 miliar, dan ketiga PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) sebanyak Rp 822 miliar. Nilai transaksi BBNI juga tergolong besar mencapai Rp 412 miliar sepanjang hari ini.

Prospek Tangguh

Lalu, bagaimana sebenarnya prospek kinerja keuangan dan saham emiten sektor perbankan hingga akhir tahun ini? Analis Mirae Asset Sekuritas Rizkia Darmawan dan Handiman Soetoyo mengungkapkan, prospek emiten perbankan tetap tangguh pada paruh kedua 2022, meskipun berada di tengah ketidapastian. Ketangguhan didukung pemulihan ekonomi di tengah inflasi yang masih naik. Sektor bank juga didukung ekspektasi pertumbuhan kredit.

“Kami memperkirakan pertumbuhan kredit perbankan mencapai 10,2% tahun ini atau lebih tinggi dari perkiraan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Angka tersebut optimistis tercapai didukung realisasi hingga Mei 2022 telah mencapai 9%. Pertumbuhan kredit juga diindikasikan aktivitas ekonomi Indonesia mulai pulih,” terangnya.

Pertumbuhan kredit, terang Mirae Sekuritas, ditopang mulai menggeliatnya aktivitas bisnis, seperti ritel, perusahaan barang konsumsi, dan restoran. Seluruh segmen bisnis ini sudah menunjukkan pemulihan penjualan.

Handiman dan Rizkia menambahkan, prospek bank yang tangguh juga didukung atas likuiditas dana dalam sitem perbankan Indonesia masih kuat, meskipun ada kebijakan kenaikan giro wajib minimum (GWM) secara bertahap yang bisa mengurangi likuiditas bank. Begitu juga dengan peluang kenaikan tingkat suku bunga, diprediksi hanya berimbas kecil terhadap margin keuntungan bank, seiring likuiditas yang kuat dan strategi penyaluran kredit yang baik.

Baca juga: Saham BBRI Jadi Pilihan Teratas di Sektor Bank

Mirae Asset Sekuritas juga memberikan pandangan optimistis terhadap berlanjutnya perbaikan kualitas aset bank, meskipun hingga Mei 2022 tercatat rata-rata NPL perbankan masih 3,04%. Hanya saja, seirang pulihnya aktivitas bisnis, rasio kredit bermasalah berangsur-angsur akan turun. Begitu juga dengan penurunan biaya kredit diharapkan ikut memperbaiki kualitas aset.

“Prospek bank yang kuat pada paruh kedua juga didukung penguatan bisnis digital perbankan, baik dengan berkolaborasi dengan sejumlah perusahaan teknologi keuangan maupun menghadirkan digitalisasi bank sendiri. Seluruh faktor tersebut mendorong kami untuk mempertahankan overweight saham perbankan dengan pilihan teratas saham BBRI, BMRI, dan BBCA dengan rekomendasi beli,” terangnya.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com