Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Monitor perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia di Jakarta. Foto ilustrasi:  Beritasatu Photo/Uthan AR

Monitor perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia di Jakarta. Foto ilustrasi: Beritasatu Photo/Uthan AR

'Screening' Saham Murah dengan Prospek Menarik Lewat Aplikasi Android

Minggu, 2 Mei 2021 | 22:51 WIB
Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Optimisme investasi di pasar modal mesti diimbangi dengan kesadaran untuk menghindarkan diri dari kesalahan yang sering dilakukan oleh investor saham, terutama pemula. Salah satu caranya adalah memilih saham undervalued atau murah, tetapi tetap mempunyai outlook menarik.

Salah satu metode yang sedang populer adalah mencari saham murah lebih mudah lewat aplikasi riset analisis saham, yakni Emiten.com, dengan promo berlangganan 12 bulan hanya sebesar Rp 229 ribu untuk analisis riset rekomendasi saham BUMN, syariah, maupun perusahaan publik swasta lainnya.

Dikutip dari akun resmi @emitendotcom di Instagram bahwa banyaknya penggunaan aplikasi tergolong membantu sekali untuk mempercepat analisis, sekaligus menambah perspektif lain dari para investor maupun trader saham. Tidaklah mudah menemukan saham murah, dibutuhkan kejelian dan konsistensi tinggi. Sebab tidak semua orang memiliki kemampuan waktu dan modal, serta pengalaman dan pengetahuan yang sama. Memilih saham undervalued juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan dan tergesa-gesa.

“Saham undervalued dihasilkan dari kejelian investor melihat seberapa jauh tren ke depan dari suatu industri, menghitung kemungkinan risiko, serta memperkirakan perubahan fundamental perusahaan selama menunggu kenaikan harga saham,” kata Denny Huang, CEO & Founder Emiten.com, aplikasi platform riset analisis saham.

Sejak pertengahan 2020, menurut dia, banyak saham undervalued, namun setelah di-filter berulang kali, maka dapat disimpulkan hanya sedikit saham multi-bagger yang aman dan murah, seperti saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM). “Kemudian dari sektor poultry dan CPO, ada MAIN dan SIMP,” ujarnya.

Lebih lanjut, Denny mengatakan bahwa dalam analisis suatu saham, diperlukan perspektif luas dan mendalam agar tidak masuk ke dalam value trap sebagai akibat bias kebiasaan cara menghitung harga wajar atau valuasi saham.

Misalnya, saham PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) yang direkomendasikan pada area level Rp 1.120-1.200 dikarenakan dengan kapitalisasi SIMP Rp 9,09 triliun saat ini memiliki aset Rp 35,4 triliun, serta 59,48% saham PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP). Maka, dari segi valuasi, terdapat margin of safety ruang kenaikan yang cukup besar dan didukung tren beberapa bulan mendatang, baik dari pemulihan kinerja fundamental perusahaan, kenaikan harga komoditas, rendahnya produktivitas supply di pasaran, serta kebijakan RUU EBT, RED II dari Uni Eropa, serta Clean Energy Plan dari Presiden Amerika Joe Biden.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN