Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Armada PT Nusatama Berkah Tbk (NTBK). Foto: Perseroan.

Armada PT Nusatama Berkah Tbk (NTBK). Foto: Perseroan.

Semester I, Nusatama Berkah (NTBK) Raih Kontrak Baru Rp 90 Miliar

Rabu, 22 Juni 2022 | 13:13 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Nusatama Berkah Tbk (NTBK) mencapai kinerja kuat dan peningkatan penjualan yang signifikan di semester I-2022 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pencapaian ini didukung oleh keberhasilan perseroan dalam pertumbuhan penjualan dan penguatan sinergi di semua lini usaha perseroan.

Advertisement

NTBK terus melakukan inovasi dan perbaikan dalam bidang manufacturing, rekayasa engineering, optimalisasi produksi dan penjualan serta penetrasi ke pasar dan pelanggan baru.

Baca juga: Angkasa Pura I Gandeng Blue Bird (BIRD) Hadirkan Layanan Taksi Listrik di Bandara Ngurah Rai

Di tengah kondisi commodity boom serta meningkatnya harga energi di pasar global khususnya harga kayu, oil & gas, serta batubara, NTBK dapat menggapai peluang-peluang emas yang ada dalam penyediaan kendaraan khusus untuk sektor kehutanan, oil & gas serta pertambangan minerba sehingga performa profitabilitas dan pencapaian kontrak penjualan oleh tim penjualan terjaga sangat solid dan berkembang pesat sepanjang tahun 2022 khususnya setelah didukung oleh keberhasilan NTBK dalam melakukan penawaran perdana umum pada Februari 2022 di mana penambahan modal kerja menjadi katalis yang memungkinkan perseroan untuk mendapatkan dan menjalankan kontrak-kontrak manufacturing yang prestisius dan high profile.

Presiden Direktur PT Nusatama Berkah Tbk Bambang Susilo menyampaikan, pencapaian tersebut tentunya merupakan hasil dari komitmen Nusatama Special Vehicle sebagai manufacturer kendaraan khusus.

“Sesuai dengan yang kami tuangkan dalam prospektus kami sebelum IPO. Selain itu, hal ini juga merupakan keberhasilan yang gemilang dari tim penjualan yang memiliki semangat melayani pelanggan dengan passion dalam memberikan solusi dan produk terbaik bagi pelanggan-pelanggan kami,” papar dia dalam keterangan resmi, Rabu (23/6/2022).

Kinerja operasi dan keuangan NTBK yang solid dapat dilihat dari capaian new contract yang dapat diterjemahkan ke dalam pendapatan pada 2022. Hingga akhir bulan Mei 2022, perseroan berhasil menambah perolehan kontrak baru sebesar Rp 90 miliar yang didapat dari pelanggan baru dan pelanggan lama.

Beberapa contoh high profile contracts yang dimaksud adalah keberhasilan perolehan kontrak jangka panjang selama dua tahun dari PT Prima Transportasi Servis Indonesia (PTSI) yang merupakan bagian dari PT Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP), salah satu produsen pulp & paper terbesar di Indonesia, sebesar Rp 22,45 miliar dengan realisasi tahun 2022 sebesar Rp 7,5 miliar. Kemudian dari PT Bina Sinar Amity (BSA Logistics Indonesia) melalui PT Surya Sudeco (Tunas Rent), di bawah naungan PT Tunas Ridean Tbk (TURI) sebesar Rp 7,4 miliar. Kemudian dari PT Sentra Multi Karya (authorized dealer dari Truk merk Sitrak) sebesar Rp 28 miliar untuk tahun 2022.

Produk unggulan Nusatama Special Vehicle yaitu logging pole trailer juga berhasil memperkuat posisinya di pangsa pasar industri logging Indonesia dengan total pemesanan hingga Mei 2022 sebesar 23 unit senilai lebih dari Rp 19 miliar.

Beberapa kontrak tersebut di atas merupakan pencapaian gemilang dari tim penjualan NTBK, di mana produk-produk yang dipesan merupakan produk yang langka di Indonesia dan terbilang sangat mutakhir dengan tantangan engineering yang rumit dan canggih.

Baca juga: Bukalapak (BUKA), Grab dan Emtek (EMTK) Lanjutkan Program Kota Masa Depan di Gowa, Malang dan Pekanbaru

Corporate Secretary NTBK Felik Widyo Makuprathowo menambahkan, untuk semester II-2022 perseroan optimis akan terus mendapatkan perolehan kontrak baru sebesar Rp 30 hingga 100 miliar, seiring dengan kapasitas produksi Plant Narogong yang terus ditingkatkan dan saat ini mencapai progres 30%.

“Dibarengi dengan peningkatan kualitas SDM melalui rekrutmen tenaga ahli berpengalaman yang baru serta implementasi sistem produksi terintegrasi Nusatama yang ditargetkan akan berjalan penuh dan optimal di kuartal 3 tahun 2022,” imbuh dia.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN