Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Mitra10. Foto: PT Catur Sentosa Adiprana Tbk.

Mitra10. Foto: PT Catur Sentosa Adiprana Tbk.

Semester I, Pendapatan Catur Sentosa Diperkirakan Tumbuh 13%

Senin, 19 Juli 2021 | 06:40 WIB
Ghafur Fadillah

JAKARTA, investor.id – PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) memperkirakan pertumbuhan pendapatan sebesar 13% menjadi Rp 6,7 triliun pada semester I-2021 dibandingkan periode sama pada tahun lalu Rp 5,8 triliun.

Sekretaris Perusahaan Catur Sentosa Adiprana Idrus H Widjajakusuma mengatakan, penyumbang terbesar pendapatan diperkirakan berasal dari segmen distribusi bahan bangunan dan retail modern, yakni produk flooring dan wall, seperti keramik dan granite. Sedangkan segmen distribusi consumer goods didominasi produk shampo, sabun pelembut, tissue paper, sanitizer, face mask dan lain-lain.

“Laporan kinerja keuangan masih dalam tahap perhitungan, namun kami memperkiraan laba bersih naik signifikan hingga 55% menjadi Rp 70 miliar, dibandingkan semester I-2020 sebanyak Rp 31 miliar,” jelasnya kepada Investor Daily, akhir pekan lalu.

Terkait penerapan PPKM Darurat, dia mengatakan, tidak serta merta menyurutkan target peningkatan penjualan perseroan sebesar 10% tahun ini. Apalagi setelah perseroan terus menggenjot penjualan secara online atau daring.

Idrus mengatakan, strategi utama yang dilaksanakan perseroan adalah memacu penjualan secara daring melalui situs resmi perseroan, mitra1.com, maupun lewat marketplace, seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. 

“Jam toko juga disesuaikan dengan kebijakan pemerintah. Dengan demikian, perseroan akan menerapkan efisiensi biaya untuk menekan biaya guna mencapai pertumbuhan kinerja keuangan,” ujarnya. 

Langkah penguatan penjualan daring, ungkap dia, sejalan dengan tren pertumbuhan pesat permintaan pasar selama pandemi ini. Hingga Mei 2021, Catur Sentosa berhasil mencatatkan kenaikan penjualan secara daring sebanyak 300%, meski kontribusinya masih kecil terhadap total penjualan perseroan. “Kami akan terus menggenjot penjualan di online dengan berbagai promo yang ada,” kata dia.

Selain online, dia mengatakan, perseroan tetap melanjutkan pembukaan toko baru dan meningkatkan kontribusi private brand. Hingga Juni 2021, emiten pemilik jaringan gerai ritel modern Mitra10 dan home furnishing Atria ini telah meresmikan Mitra10 Banjarmasin yang merupakan jejaring superstore Mitra10 ke-39 yang tersebar di 22 kota di seluruh Indonesia.

Gerai tersebut menempati area seluas 7.000 m2 dengan selling area seluas 2.500 m2. Toko tersebut menawarkan 25 ribu jenis produk (stock keep unit/SKU). Lebih dari 80% merupakan produk dalam negeri berkualitas ekspor. Sedangkan pemilihan Kota Banjarmasin didukung potensi dan kondisi perekonomian di kota tersebut. Hal ini dapat dilihat dari masuknya beberapa pengembang besar nasional. 

Mitra10 sendiri telah beroperasi di wilayah kota-kota besar di Indonesia, yakni Jabotabek, Cikarang, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Sidoarjo, Surabaya, Malang, Denpasar, Lampung, Palembang, Batam, Medan, Makassar, Balikpapan dan Banjarmasin.

“Dengan demikian, perseroan menargetkan penjualan konsol pada 2021 sebesar Rp 14,7 triliun atau tumbuh 10% dibandingkan penjualan di 2020 sebesar Rp 12,7 triliun,” pungkasnya.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN