Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Paparan publik CSAP secara virtual pada Selasa (18/8).

Paparan publik CSAP secara virtual pada Selasa (18/8).

Semester II, CSAP Buka Dua Gerai Baru Mitra 10

Selasa, 18 Agustus 2020 | 20:33 WIB
Thereis Kalla (thereis.kalla@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) tetap akan melanjutkan ekspansinya untuk membuka gerai baru Mitra 10 di sepanjang semester II-2020. Perseroan juga tetap mempertahankan target bisnisnya, seiring dengan pertumbuhan penjualan positif di semester I-2020.

Sekretaris Perusahaan Catur Sentosa Adiprana Idrus Widjajakusuma mengungkapkan, awalnya perseroan berencana akan membuka lima sampai enam toko di tahun ini, namun melihat situasi pandemi, pihaknya memutuskan akan membuka dua gerai baru Mitra 10 pada periode semester II-2020.

“Karena kondisi seperti ini kita pilih sesuai dengan urgensinya dan potensi pertumbuhan penjualannya. Selanjutnya sisanya akan kita buka di semester I tahun depan,” ujar Idrus pada paparan publik perseroan secara virtual pada Selasa (18/8).

 Adapun sebelumnya perseroan membuka Mitra10 di Lombok pada kuartal I-2020. Pembukaan gerai baru tersebut, menjadi gerai ke-35 yang dimiliki perseroan.  

Idrus menambahkan, pihaknya belum berencana untuk merevisi target penjualan dan laba perseroan pada tahun ini. Perseroan masih optimistis dapat membukukan penjualan sekitar Rp 13 triliun dengan perolehan laba sebanyak Rp 60 miliar.

Optimistis tersebut, seiring dengan capaian kinerja perseroan yang masih tetap positif sepanjang semester I-2020. Perseroan membukukan penjualan sebesar Rp 5,78 triliun atau naik 3,21% dibanding periode sama tahun lalu sebesar Rp 5,6 triliun. Laba bersih perseroan tercatat sebesar Rp 31,38 miliar meningkat 77,89% dari sebelumnya sebesar Rp 17,64 miliar pada periode semester I-2019.

Meski dalam kondisi pandemi Covid-19, lanjut Idrus, pada paruh pertama 2020, penjualan didominasi dari segmen distribusi sebesar 63% dan segmen ritel modern 37%, yang pada periode sama tahun lalu didominasi segmen distribusi 65% dan ritel 35%.

“Pertumbuhan kontribusi ritel modern ini searah dengan kebijakan manajemen untuk fokus pada pengembangan bisnis ritel modern demi meningkatkan profit margin perusahaan,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Catur Sentosa Adiprana Alouisius Maseimilian menuturkan, hingga semester I-2020 perseroan telah menggunakan anggaran belanja modal (Capital expenditure/ capex) sebesar Rp 150 miliar. Perseroan pada tahun ini menyiapkan capex sebesar Rp 697 miliar yang dialokasikan untuk pembukaan gerai baru Mitra 10.

“Namun karena adanya pandemi covid-19 capex yang baru kami realisasikan sebesar Rp 150 miliar, sebagian besar untuk pembukaan gerai baru Mitra 10 yang di Lombok pada waktu lalu,” ujar Alouisius.

Menurut Alouisius, ke depan pihaknya masih akan berfokus pada bisnis modern ritel, dengan terus menambah gerai Mitra 10 untuk memperluas pangsa pemasarannya. Selain itu secara paralel menyiapkan gudang pusat distribusi di daerah Timur Indonesia untuk mendukung pengembangan toko baru dan menggalakkan penjualan melalui e-commerce.

Selain itu, perseroan akan berinvestasi dalam infrastruktur dan teknologi utama untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja rantai pasokan dan mengembangkan sistem untuk digitalisasi dan otomatisasi proses pembelian dan replenishment untuk meningkatkan akurasi dan produktivitas.

Adapun dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan, menetapkan penggunaan laba bersih tahun buku 2019, sebesar Rp 8,9 miliar untuk dibagikan sebagai dividen tunai kepada pemegang saham atau sebesar Rp 2 per lembar sahamnya. Dengan demikian, Dividen Payout Ratio (DPR) CSAP sebesar 19,5%. 

Selain itu, RUPS juga menerima pengunduran diri Direktur Tjia Tjhin Hwa , dan mengangkat Alouisius Maseimilian menjadi Direktur.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN