disini
Siap Rekrut Pegawai Baru, Shopee Indonesia Aman dari PHK
 Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Brand Ambassador Shopee Christiano Ronaldo. (Dok Shopee)

Brand Ambassador Shopee Christiano Ronaldo. (Dok Shopee)

Siap Rekrut Pegawai Baru, Shopee Indonesia Aman dari PHK

Rabu, 15 Juni 2022 | 17:32 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Langkah pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dihadapi oleh Shopee global ternyata tidak merembet ke Shopee Indonesia. Hal itu ditegaskan oleh Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja.

“Langkah penyesuaian yang diambil pada segmen dan pasar tertentu, dipastikan tidak melibatkan Shopee Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (15/6/2022).

Advertisement

Shopee Indonesia, sambung Handhika terus menunjukkan performa yang baik dan Indonesia tetap menjadi pasar prioritas di mana pihaknya terus mengembangkan bisnis untuk membantu lebih banyak UMKM dan pengguna di Indonesia merasakan manfaat pertumbuhan ekonomi digital.

Di Indonesia, Shopee mempekerjakan lebih dari 20.000 karyawan dalam berbagai lini bisnis seperti Shopee, ShopeePay, dan ShopeeFood dan lebih dari 50% bergabung sejak dimulainya pandemi Covid-19.

Bahkan, pihaknya juga terus merekrut talenta-talenta terbaik untuk mengembangkan tim Shopee Indonesia. Alhasil, Shopee Indonesia kini juga masih aktif merekrut talenta-talenta digital, melalui program Sea Labs Indonesia yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Maret 2022 lalu yang akan membangun tim yang terdiri dari 1.000 talenta digital Indonesia terutama engineer dan product manager, yang akan siap untuk berkontribusi melalui teknologi.

Baca juga: Shopee PHK Gede-gedean, Tanda-tanda Apa?

“Misi Shopee di Indonesia tetap sama, yakni mewujudkan kehidupan yang lebih baik, bagi mereka yang belum terlayani dengan baik, melalui teknologi dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Pemerintah Indonesia, untuk menciptakan berbagai kerja sama strategis demi mewujudkan misi ini,” jelas Handhika.

Ia menambahkan, dalam 6 bulan terakhir, Shopee juga tengah menghadirkan berbagai inisiatif untuk memajukan UMKM di Indonesia, termasuk Kampus UMKM Shopee yang hadir di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi yang telah melatih puluhan ribu UMKM lokal keterampilan bisnis digital. Selain itu program Java in Paris yang membawa ribuan produk UMKM lokal di Shopee tembus kurasi dan bisa dijual di Paris.

Sebelumnya dikabarkan, perusahaan e-commerce milik Sea Group yang berbasis di Singapura itu akan memutuskan hubungan kerja beberapa karyawannya dalam layanan pengiriman makanan ShopeeFood dan pembayaran online tim ShopeePay di Asia Tenggara. Shopee juga akan memangkas jumlah stafnya di Meksiko, Argentina dan Chili, serta tim lintas batas yang mendukung pasar Spanyol, menurut memo perusahaan yang dikutip dari CNA. Memo tertanggal 13 Juni 2022, dikirim oleh Presiden Grup Shopee Chris Feng.

Baca juga: ShopeePay Gandeng Andhika Diskartes Edukasi Generasi Cashless yang Cerdas Kelola Keuangan  

"Mengingat meningkatnya ketidakpastian dalam ekonomi yang lebih luas, kami percaya bahwa adalah bijaksana untuk membuat penyesuaian yang sulit tetapi penting untuk meningkatkan efisiensi operasional kami dan memfokuskan sumber daya kami. Kebijakan ini untuk memastikan bahwa, sebagai sebuah bisnis, kami tetap berada di posisi terbaik untuk terus berkembang secara berkelanjutan dan pada akhirnya untuk menang," tulisnya.

Feng juga mengatakan keputusan melakukan PHK dibuat untuk mengoptimalkan operasinya di segmen dan pasar tertentu. Dia juga mengatakan Shopee akan menutup uji coba tahap awal di Spanyol, setelah mengumumkan rencana untuk meluncurkan penjualan online di negara itu Oktober lalu.

Sebelumnya, Shopee menarik diri dari pasar ritel India pada Maret 2022, beberapa bulan setelah mulai beroperasi di sana. Itu adalah kemunduran kedua bulan itu setelah Shopee memutuskan keluar dari pasar Prancis.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN