Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Mitra10 Banjarmasin. Foto:  PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP).

Mitra10 Banjarmasin. Foto: PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP).

Siasati PPKM Darurat, Catur Sentosa Genjot Penjualan Online

Minggu, 11 Juli 2021 | 19:24 WIB
Muhammad Ghafur Fadillah

JAKARTA, Investor.id - PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) menyiapkan beberapa strategi untuk mempertahankan pertumbuhan kinerja keuangan di tengah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kebijakan pemerintah tidak menyurutkan target peningkatan penjualan perseroan sebesar 10% tahun ini.

Sekretaris perusahaan Catur Sentosa Adiprana Idrus H Widjajakusuma mengatakan, strategi utama yang dilaksanakan perseroan adalah memacu penjualan secara daring atau online melalui situs resmi perseroan, www.mitra1.com maupun lewat marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

“Jam toko juga disesuaikan dengan kebijakan pemerintah. Dengan demikian, perseroan akan menerapkan efisiensi biaya untuk menekan biaya guna mencapai pertumbuhan kinerja keuangan,” jelasnya kepada Investor Daily, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Langkah penguatan penjualan daring, ungkap dia, sejalan dengan tren pertumbuhan pesat permintaan pasar selama pandemi ini. Hingga Mei 2021, Catur Sentosa berhasil mencatatkan kenaikan penjualan secara daring hingga 300%, meski kontribusinya masih kecil terhadap total penjualan perseroan. “Kami akan terus menggenjot penjualan di online dengan berbagai promo yang ada,” ujarnya.

Selain online, dia mengatakan, perseroan tetap melanjutkan pembukaan toko baru dan meningkatkan kontribusi private brand. Hingga Juni 2021, emiten pemilik jaringan gerai ritel modern Mitra10 dan home furnishing Atria ini telah meresmikan Mitra10 Banjarmasin yang merupakan jejaring superstore Mitra10 ke-39 yang tersebar di 22 kota di seluruh Indonesia.

Superstore yang dioperasikan oleh PT Catur Mitra Sejati Sentosa (CMSS) selaku anak usaha Catur Sentosa itu merupakan superstore pertama yang berlokasi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan menempati area seluas 2 hektare.

Gerai tersebut menempati area seluas 7.000 m2 dengan selling area seluas 2.500 m2. Toko tersebut menawarkan 25 ribu jenis produk (stock keep unit/SKU). Lebih dari 80% merupakan produk dalam negeri berkualitas ekspor. Sedangkan pemilihan Kota Banjarmasin didukung potensi dan kondisi perekonomian di kota tersebut. Hal ini dapat dilihat dari masuknya beberapa pengembang besar nasional.

Mitra10 sendiri telah beroperasi di wilayah kota-kota besar di Indonesia, yakni Jabotabek, Cikarang, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Sidoarjo, Surabaya, Malang, Denpasar, Lampung, Palembang, Batam, Medan, Makassar, Balikpapan dan Banjarmasin.

Ke depan, perseroan menargetkan pembukaan 3 toko baru yakni Jakabaring, Palembang, lalu Tegal dan Semarang dapat segera selesai pada rentang kuartal-III sampai kuartal-IV 2021. Strategi ekspansi akan terus dilakukan oleh Catur Sentosa hingga tahun 2023 dengan target pembukaan toko baru yakni 50 gerai.

“Saat ini, kami memiliki 39 toko dengan tambahan tiga toko baru tersebut, dengan demikian total toko pada akhir tahun 2021 berjumlah 42 toko. Adapun 8 toko baru akan dirampungkan pada tahun-tahun selanjutnya akibat tertunda karena isu pandemi,” kata Idrus.

Untuk memuluskan rencana tersebut, perseroan menggelontorkan dana sebanyak Rp 500 miliar dalam belanja modal (capital expenditure). Sebagian besar atau mencapai 80% capex dialokasikan untuk membiayai ekspansi ritel modern Mitra10 dan Atria.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN