Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Klaster Caelus Berkonsep Resort di BSD City

Klaster Caelus Berkonsep Resort di BSD City

Sinarmas Land dan Mitbana Ekspansi Sin$ 200 Juta

Senin, 12 April 2021 | 13:32 WIB
Farid Firdaus (farid.firdaus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id – Sinarmas Land Ltd, melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) atau BSD, bersama Mitbana menjalin kerjasama pembangunan komplek transpotasi multimoda interkoneksi yang menghubungkan area Jabodetabek. Nilai proyek tersebut mencapai Sin$ 200 juta.

Mitbana merupakan perusahaan patungan antara Mitsubishi Corp dan Surbana Jurong Pte Ltd. Proyek bersama BSD merupakan proyek pertama Mitbana di Indonesia dan merupakan bagian dari kemitraan dengan Sinarmas Land dalam membangun transit-oriented development (TOD).

TOD tersebut berlokasi di BSD City dengan memanfaatkan fasilitas yang sudah dibangun di kawasan tersebut sebelumnya. Proyek TOD intermoda ini akan mengubungkan akses pilihan berbagai transportasi umum, jalan raya, kereta api, dan fasilitas park and ride demi mengurangi kemacetan dari kawasan BSD menuju Jakarta Pusat.

Chief Executive Officer Mitbana Gareth Wong mengatakan, pihaknya melihat potensi menguntungkan pada komplek transportasi intermoda ini. Visi perseroan adalah mengembangkan kawasan perkotaan baru dengan layanan modern dan transportasi umum yang lebih mudah diakses.

“Kami menghadirkan perumahan yang berkualitas dan terjangkau yang akan melayani pasar secara massal di BSD City,” jelas dia dalam keterangan tertulis, Senin (12/4).

Sesuai rencana, pembangunan TOD intermoda akan menelan dana pengembangan hingga Sin$ 200 juta. Proyek tersebut akan dimulai secara bertahap pada 2022. Nantinya, TOD tersebut terdiri atas apartemen hunian, properti komersial, fasilitas yang menopang gaya hidup, dan transportasi umum. Sebagai pemegang 60% dari perusahaan patungan, Mitbana juga akan menjalankan praktik terbaik dalam pembangunan kota seperti di Jepang dan Singapura yang menerapkan teknologi terbaru.

Sebagai informasi, fitur utama dari TOD intermodal ini adalah koneksi ke stasiun kereta Cisauk menuju Sudirman Central Business District (SCBD) dalam waktu kurang dari satu jam. Stasiun Cisauk telah diperbaharui oleh BSD pada 2019. Sebagai bagian dari pengembangan, area pejalan kaki pada stasiun tersebut akan diperluas.

Adapun kolaborasi antara Mitbana dan Sinarmasland akan menerapkan teknologi pintar untuk meningkatkan layanan bus di sekitar BSD City. Peningkatan tersebut dinilai bakal melengkapi koneksi stasiun kereta Cisauk ke akses jalan tol Serpong-Balaraja, yang ditargetkan beroperasi pada akhir 2021.

Chief Operating Officer Mitbana Hidetoshi Suzuki mengatakan, Mitbana akan memanfaatkan pengalaman Mitsubishi Corp dalam mengatur perkembangan perkotaan dan keahlian teknis Surbana Jurong dalam desain perkotaan. Kombinasi ini akan menciptakan TOD yang cerdas dan berkualitas tinggi, juga efisien dan efektif bagi penghuninya.

“Bersama Sinarmas Land, kami ingin menciptakan kawasan yang cerdas dan pembangunan berkelanjutan di BSD City serta mendorong pembangunan komunitas sosial yang inklusif,” jelas dia.

Peluncuran penjualan resmi dari TOD intermoda akan diresmikan pada tahap selanjutnya. Sementara itu, relaksasi yang diluncurkan Bank Indonesia pada sektor properti baru-baru ini dinilai akan memacu permintaan.

Group Chief Executive Officer Sinarmas Land Michael Widjaja mengatakan, meskipun terjadi pandemi Covid-19, kinerja perseroan tetap didorong oleh fundamental pasar yang kuat dan minat yang berkelanjutan pada produk-produk perkotaan. Pihaknya menilai, kebijakan pemerintah untuk mempromosikan investasi pemodal asing di Indonesia menghadirkan potensi yang luar biasa untuk pengembangan properti di BSD City.

“Dengan pasar Indonesia di puncak pemulihan yang kuat, Sinarmas Land dan Mitbana siap untuk mengimplementasikan rencana kami untuk membangun TOD intermodal,” jelas dia.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN