Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi salah satu proyek WIKA Group. (Foto: Perseroan)

Ilustrasi salah satu proyek WIKA Group. (Foto: Perseroan)

Sudah Dapat Kontrak IKN Rp 1,1 T, WIKA Kejar Lagi Rp 9 T

Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:50 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) tengah mengikuti tender beberapa proyek untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara senilai total Rp 9 triliun. Emiten BUMN Karya ini sebelumnya telah mengantongi total kontrak di proyek IKN sebesar Rp 1,1 triliun.

“Untuk menangkap peluang pembangunan IKN, WIKA tengah mengikuti tender beberapa proyek IKN senilai sekitar Rp 9 triliun. Berdasarkan potensi pekerjaan yang ada di masa mendatang, ditambah kompetensi dan pengalaman yang dimiliki perusahaan, kami yakin dapat memenangkan kontrak-kontrak pekerjaan IKN yang ditenderkan,” kata Sekretaris Perusahaan Wijaya Karya Mahendra Vijaya, baru-baru ini.

Baca juga: Wijaya Karya (WIKA) Mau Bawa Motor Listrik Gesits Masuk Nepal

Mahendra mengatakan, hingga akhir September kemarin, pihaknya telah memenangi dua kotrak IKN senilai Rp 1,1 triliun. Kedua kontrak tersebut adalah pekerjaan jalan tol segmen KKT Kariangau-Simpang Tempadung dengan porsi sekitar 38% atau ekuivalen Rp 730 miliar, dan bangunan modular untuk rusun pekerja sebesar Rp 830 miliar.

Ke depan, sambung Mahendra, WIKA akan mengantisipasi proyek penugasan Pemerintah, baik yang bersifat Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) maupun proyek dengan kontrak Capital Protected Fund (CPF). Sebab, saat ini WIKA sedang menyeleksi proyek-proyek yang mempunyai kemampuan bayar yang baik.

Dalam jangka pendek, WIKA juga akan menerbitkan obligasi dan sukuk mudharabah III Tahap I untuk menyetabilkan dan mengganti struktur utang jangka pendek menjadi jangka panjang. Lebih dari itu, perseroan berencana melakukan beberapa aksi korporasi seperti asset recycling atas aset-aset kurang produktif, serta mengevaluasi kembali usaha dan fokus pada core business yang kuat.

Baca juga: Kapan Rights Issue Waskita (WSKT) Digelar? Ini Jawabannya

Perseroan juga berencana membawa enam anak usahanya untuk menjadi perusahaan terbuka (public listed company). Hal itu nantinya dilakukan dengan menggelar penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham, dan kemudian mencatatkan (listing) sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam beberapa tahun ke depan.

Mahendra menjelaskan, WIKA Holding memiliki bisnis utama yaitu infrastruktur, gedung, energi dan industrial plant, serta operasi luar negeri. Selain itu, WIKA memiliki delapan anak usaha.

“Di mana dua di antaranya, yaitu Wika Beton yang bergerak di bidang industri beton pracetak dan Wika Gedung yang bergerak di high rise building itu sudah public listed company,” ungkap Mahendra, belum lama ini.

Sedangkan enam anak usaha WIKA lainnya, yaitu Wika Industri dan Konstruksi (bergerak di bidang steel structure manufacturing), Wika Rekayasa Industri (operation and maintenance engineering), Wika Realty (properti dan realty, juga masuk ke industri hospitality atau perhotelan), Wika Bitomen (mengelola produksi aspal alam), Wika Serang Panimbang (badan usaha jalan tol), dan Wika Tirta Jaya Jatiluhur (pengolahan air bersih).

Baca juga: Waskita Precast (WSBP) Lagi Siap-siap Konversikan Utang Jadi Ekuitas

Mahendra mengatakan, enam perusahaan tersebut masih berstatus perusahaan tertutup. Namun, keenamnya direncanakan menjadi perusahaan yang sahamnya tercatat di BEI.

“Enam perusahaan ini masih merupakan perusahaan tertutup, yang memang direncanakan juga akan public listed di beberapa tahun ke depan,” papar Mahendra.

Di Wika Industri & Konstruksi, WIKA menjadi pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan 98,57%, sementara di Wika Rekayasa Konstruksi kepemilikannya sebanyak 97,99%, dan di Wika Realty sebanyak 71,78%. Di Wika Bitumen, WIKA menguasai 99% saham anak usaha tersebut, disusul di Wika Serang Panimbang sebanyak 83,42% saham, dan Wika Tirta Jaya Jatiluhur sejumlah 80% saham.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com