Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Metland Puri.

Metland Puri.

Tahun Depan, Metland Targetkan Marketing Sales Tumbuh 15%

Kamis, 18 November 2021 | 23:51 WIB
Ghafur Fadillah

JAKARTA, investor.id – PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) atau Metland menargetkan marketing sales tahun 2022 tumbuh hingga 15% dari target perseroan tahun ini yang sebesar Rp 1,6 triliun.

“Perseroan optimistis dengan kondisi bisnis pada tahun depan dapat bertumbuh double digit. Mengacu kepada data historis perseroan, pada kondisi normal perseroan mampu bertumbuh pada kisaran 15-20%,” kata Direktur Metland Olivia Surodjo.

Adapun saat ini, perseroan membukukan marketing sales Rp 1,3 triliun. Perseroan masih harus mengejar sebanyak Rp 300 miliar untuk memenuhi target. Untuk diketahui, pendapatan tersebut disumbang dari penjualan properti (pre-sales) sebesar Rp 1,07 triliun dan pendapatan berulang (recurring revenue) sebesar Rp 230 miliar.

Direktur Metland Wahyu Sulistyo menambahkan, perseroan yakin target itu akan tercapai dan lebih achievable. Pasalnya, perseroan tengah berencana memasarkan dua klaster terbaru yang berlokasi di Cibitung dan mini cluster di Tambun. Untuk Metland Cibitung, perseroan mulai memasarkan klaster Lisse dengan 2 kamar tidur dan luas bangunan 72 dan 60 meter persegi. 

Begitu juga dengan Metland Puri yang memasarkan hunian klaster Oxalis dengan 3 kamar dan luas bangunan 53,55 dan 56 meter persegi. Tak ketinggalan, Metland Menteng akan launching tipe Canna yang berada di dalam kawasan Goldenrod pada akhir tahun ini. Gemikian juga dengan Metland Transyogi.

“Di luar itu, kami sedang mempersiapkan beberapa lot komersial yang bisa ditawarkan secara Business to Business (B2B). Beberapa strategi ini diharapkan dapat menutupi kekurangan target Rp 300 miliar tersebut," ujarnya.

Selain itu, beberapa pengembangan lainya juga tengah dilakukan oleh perseroan. Salah satunya yakni melalui anak perusahaan PT Sumber Tata Lestari dalam pembangunan Hotel Horison Ultima Kertajati yang sebelumnya memulai pembangunan pada akhir tahun 2019. 

Proses pembangunan hotel berbintang empat itu, sudah memasuki tahap akhir dan finishing interior yang rencana akan mulai beroperasi pada akhir tahun 2021. Hotel Horison Ultima Kertajati dibangun di atas tanah seluas kurang lebih 10.890 meter persegi menghadirkan bangunan 8 lantai dan 1 lantai basement berkapasitas 124 kamar yang terdiri dari 100 deluxe room, 12 executive room, 6 junior suite dan 6 Horison Suite.

Perseroan berharap dapat memenuhi kebutuhan akomodasi bagi penumpang pesawat terbang, masyarakat dan dunia usaha di sekitar Majalengka seperti Cirebon, Subang, Indramayu dan lainnya. 

Soal belanja modal (capital expenditure/capex), Olivia memaparkan, perseroan telah menyerap sebanyak Rp 245 miliar atau 45% dari total anggaran tahun 2021 yang sebesar Rp 550 miliar. Sebagian besar digunakan untuk penyelesaian proyek existing, yaitu Hotel Horison Ultima Kertajati.

Belum lama ini, PT Ciputra Development Tbk (CTRA) telah mengakuisisi 15% saham Metland. Ciputra Development melalui anak usahanya, PT Ciputra Nusantara, memborong sebanyak 1,14 miliar saham Metland pada harga Rp 320 per saham. Nilai transaksi mencapai Rp 367,44 miliar.

Sementara itu, hingga kuartal III-2021, Metland membukukan laba bersih sebesar Rp 202 miliar atau naik 5% dibandingkan laba bersih pada periode yang sama tahun 2020.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN