Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Buana Lintas Lautan Tbk. Foto ilustrasi: bull.co.id

PT Buana Lintas Lautan Tbk. Foto ilustrasi: bull.co.id

Tambah Kapal, Buana Lintas Prediksi Kinerja Lanjutkan Pertumbuhan

Rabu, 4 November 2020 | 12:25 WIB
Thereis Love Kalla (thereis.kalla@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id – PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL) memperkirakan pertumbuhan kinerja keuangan berlanjut sampai penghujung tahun ini. Pertumbuhan tersebut didukung atas penambahan jumlah armada kapal yang berimbas terhadap lonjakan kapasitas daya angkut perseroan.

Sekretaris Perusahaan Buana Lintas Lautan Krisnanto Tedjaprawira mengatakan, sembilan kapal tanker besar yang diterima perseroan hingga September 2020 akan berkontribusi pada kuartal IV 2020. Kinerja juga akan didukung kapal tambahan pada periode yang sama. Perseroan berkeyakinan akan penambahan peluang pertumbuhan dan peningkatan kinerja.

“Kinerja perseroan pada semester II-2020 diharapkan meningkat, dibandingkan realisasi semester I tahun 2020,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (4/11).

Perseroan telah membeli sembilan kapal sepanjang sembilan bulan pertama tahun 2020. Kapal tersebut dioperasikan secara bertahap selama periode ini. Secara keseluruhan, kapasitas tonase efektif armada perseroan naik dari 1,04 juta DWT menjadi 2.15 DWT, dengan peningkatan sebesar 105,8%. Begitu juga dengan kapal tanker meningkat dari 19 kapal menjadi 34 kapal.

Menurut Krisnanto, semua kapal yang didatangkan adalah kapal tanker besar yang menghasilkan margin lebih tinggi. Rata-rata pendapatan Time Charter Equivalent (TCE) untuk segmen kapal tanker perseroan meningkat, seiring dengan diversifikasi usaha Buana Lintas ke dalam pasar internasional. Hingga September 2019, sekitar 15% pendapatan TCE perseroan adalah berasal dari pasar internasional. Ini meningkat menjadi sekitar 35- 40% di sembilan bulan pertama tahun 2020.

Di sisi lain, tarif TCE diharapkan jauh lebih tinggi pada kuartal IV nanti, dibandingkan dengan kuartal III. Secara historikal, tingkat TCE selalu naik 114% pada kuartal sejak 2016 dan tingkat kenaikan minimum adalah 45%. Dampak positif langsung lainnya pada tingkat TCE adalah kembalinya produksi minyak Libya yang secara mengejutkan nol pada September 2020 tetapi sekarang meningkat dengan cepat setelah gencatan senjata.

Hingga kini, produksi telah meningkat menjadi sekitar 800 ribu bpd dan diharapkan mencapai 1,3 juta bpd pada akhir tahun ini atau setidaknya 1,6 juta bpd pada tahun depan. Selain itu, OPEC dan termasuk Rusia diperkirakan akan meningkatkan produksi minyak sebesar 2,2 juta barel per hari setelah Desember.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN