Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT Jaya Swarasa Agung Tbk atau Tays Bakers (TAYS)

PT Jaya Swarasa Agung Tbk atau Tays Bakers (TAYS)

Tays Bakers (TAYS) Optimistis Pendapatan 2022 Naik 14%

Selasa, 25 Okt 2022 | 04:30 WIB
Zsazya Senorita (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – PT Jaya Swarasa Agung Tbk (TAYS) atau Tays Bakers menargetkan kenaikan pendapatan sebesar 14% atau menjadi Rp 360 miliar hingga akhir 2022. Produsen makanan ringan sehat asal Indonesia ini, menyampaikan optimisme perusahaan untuk bertumbuh di masa depan.

“Estimasi kami untuk menutup pendapatan atau sales revenue 2022 di angka Rp 360 miliar, naik 14% dari angka annual 2021. Tahun lalu adalah penjualan terbaik secara historis kami sepanjang masa,” ujar Direktur Jaya Swarasa Agung (TAYS) Andrew Sanusi pada paparan publik insidentil, Senin (24/10/2022).

Baca juga: TAYS Perluas Jangkauan di Pasar Ritel AS

Sebagai gambaran kinerja keuangan pada paruh pertama tahun ini, TAYS telah membukukan pendapatan Rp 157,9 miliar, naik tipis dari Rp 147,1 miliar pada semester I-2021. Pada periode sama, perseroan mencatatkan peningkatan margin kotor sebesar 17% (year on year/yoy) menjadi Rp 40,3 miliar dari Rp 34,09 miliar.

Advertisement

Namun, laba bersih TAYS pada semester I-2022 yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk, terkoreksi 32,55% (yoy) dari Rp 2,66 miliar pada paruh pertama 2021 menjadi Rp 1,79 miliar.

Demi mencapai target akhir tahun, perseroan menyiapkan sejumlah strategi, seperti membuka pasar ekspor baru yakni ke Amerika dan Kanada. Di sisi lain, CEO Tays Bakers Alexander Anwar menyatakan, pasar utama ekspor TAYS yakni Tiongkok juga dalam masa pemulihan. “Sehingga kami yakin ke depannya kinerja perusahaan kami akan terus meningkat,” ujarnya.

Baca juga: GoTo, Jaga Kepercayaan Investor

Sebagai perusahaan yang menitikberatkan pada pendekatan inovatif, Tays Bakers juga mengumumkan rencana untuk meluncurkan produk makanan ringan baru yang inovatif dan belum dimiliki oleh kompetitor. Produk baru ini akan diluncurkan sebelum akhir tahun 2022.

Sedangkan tahun depan, perseroan menargetkan pabrik baru di Sumedang mulai beroperasi pada semester I-2023. Pabrik baru yang akan menambah kapasitas produksi 17 ribu ton per tahun tersebut, memakan anggaran belanja modal sekitar Rp 45-46 miliar.

Penjelasan Suspensi

Pada kesempatan yang sama, emiten produsen camilan merek Tricks ini memberikan penjelasan terkait penghentian perdagangan saham sementara (suspensi) oleh Bursa Efek Indonesia. Alexander menegaskan, pihak perusahaan tidak ada intervensi apapun yang dapat memengaruhi nilai efek perusahaan atau keputusan investasi pemodal.

Baca juga: Sah! Kalbe (KLBF) Kuasai 100% Saham Aventis Pharma

“Namun memang seiring dengan pertumbuhan perusahaan yang baik dan semakin dikenalnya nama TAYS sejak kami go public, kami melihat semakin banyak pula minat terhadap saham perusahaan kami baik dari investor dalam maupun luar negeri,” terang dia.

Menurut Alexander rasio harga terhadap penjualan (price to sales ratio) TAYS masih terbilang wajar. Dilihat dari rasio tersebut, nilai price to sales TAYS yang tertinggi sampai saat ini adalah 1,86x, sedikit di bawah rata-rata industri di 2-2,1x.

Didirikan pada 1998, Tays Bakers memulai usahanya dengan satu line produksi wafer stick dengan merek dagang Nitchi. Kini, perusahaan berkembang dan memiliki empat kategori produk yaitu biscuit & crackers, rolled wafer, extruded puff snack, dan chocolate confectionary dengan berbagai merek dagang. Produk-produk Tays Bakers telah diekspor ke mancanegara, seperti ASEAN, Tiongkok, Taiwan, Korea, Australia, hingga Timur Tengah.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com