Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Investor memantau saham melalui ponsel. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Investor memantau saham melalui ponsel. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Telah Hadir, Aplikasi yang Bisa Membantu Investor Saham Pemula

Sabtu, 5 Desember 2020 | 14:28 WIB
Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Saat ini, saham merupakan salah satu instrumen investasi yang diminati kalangan milenial, termasuk mereka yang berusia di bawah 30 tahun. Terlebih, aktivitas work from home selama pandemi Covid-19, mendorong banyak anak muda untuk berinvestasi di pasar saham.

Berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per 27 Oktober 2020, jumlah investor di pasar modal naik 37% menjadi 3,39 juta dibandingkan akhir 2019 yang sebanyak 2,48 juta. Dari jumlah tersebut, investor saham mencapai 1,43 juta atau naik 30% dari 1,1 juta.

Namun, seiring dengan itu, banyak bermunculan grup rekomendasi saham yang terkadang hanya dimanfaatkan oleh segelintir orang untuk mengeruk keuntungan dari investor saham, terutama yang masih pemula. Apalagi, investor ataupun trader pemula cenderung berspekulasi menggunakan feeling. Kalaupun berdasarkan analisis, sifatnya masih terbatas. Mereka pun harus berlangganan rekomendasi dengan biaya jutaan rupiah per bulan.

Sebab itu, Emiten.com hadir sebagai platform yang mempertemukan investor dengan para analis independen, sekuritas, maupun perusahaan publik. Ini akan membantu para investor pasar modal. Emiten.com telah resmi rilis di Google playstore. Platform ini menghadirkan promo akhir tahun berlangganan Rp 199 ribu untuk akses 12 bulan. Berbagai analisis fundamental dan teknikal dihadirkan dalam aplikasi ini.

Managing Director Emiten.com, Vania mengatakan bahwa masih banyak trader yang belum memahami bahwa kesempatan akan selalu ada. Dengan begitu, tak perlu dipaksakan untuk trading setiap hari. Pihaknya mencoba menghadirkan fitur agar pemula dapat belajar sekaligus menekan risiko, karena pandangan analis tentu berbeda-beda. Misalnya analis A merekomendasikan beli, sedangkan analis B merekomendasikan jual. User di sini bakal diuntungkan karena bisa melihat dua perspektif, sekaligus belajar dari para analis tersebut.

Founder emitendotcom Denny Huang menambahkan, ke depan, bakal banyak fitur yang dikhususkan bagi investor ataupun trader agar dapat menentukan arah pasar hanya dari satu halaman screen saja. Dengan demikian, tidak perlu ada chart maupun indikator, karena sekuritas di Indonesia maupun aplikasi lain sudah dengan baik menghadirkan fitur tersebut. “Emiten.com berbeda, lebih ke insight kenapa pilih saham ini dan apa alasan di balik pemilihan saham tersebut,” jelas dia dalam keterangannya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan membagikan giveaway berupa akses premium gratis kepada puluhan member di Instagram @emitendotcom. Hal ini diharapkan semakin banyak masyarakat Indonesia yang terbantu dan terhindar dari pemikiran 'main saham' karena tidak ada kata main-main dalam saham, melainkan berinvestasi saham.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN