Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
logo telkom

logo telkom

Telkom Ganti Strategi Ekspansi E-commerce

Rabu, 2 September 2020 | 15:03 WIB
Farid Firdaus (farid.firdaus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) atau Telkom mengubah arah ekspansi bisnis e-commerce dengan memfokuskan segmen korporasi dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) melalui transaksi business to business (B2B) pada 1 Oktober 2020. Aksi ini dilakukan menyusul penutupan situs Blanja.com yang merupakan kolaborasinya dengan eBay.

Direktur Digital Business Telkom Fajrin Rasyid mengatakan, saat ini, Telkom fokus mengembangkan dan menangkap peluang bisnis e-commerce di enterprise market. Salah satunya adalah melalui Pasar Digital (PaDi) UMKM yang merupakan instrumen penggerak ekonomi lokal melalui pemanfaatan aplikasi digital untuk mengembangkan bisnis dan ekosistem UMKM.

Telkom bersama delapan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya tengah aktif menjalankan inisiatif Kementerian BUMN dalam mendukung pemberdayaan UMKM. Pengembangan program PaDi UMKM bertujuan meningkatkan daya saing bangsa sebagai upaya mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional.

“Hal ini merupakan bagian dari langkah strategis perusahaan untuk mengembangkan bisnis e-commerce ke arah yang lebih baik, sejalan dengan rencana strategis jangka panjang perusahaan untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan,” jelas dia dalam keterangan resmi, Rabu (2/9).

Sebagai informasi, situs Blanja.com menghentikan kegiatan transaksi per 1 September 2020. Penarikan dompet Blanja.com masih bisa dilakukan oleh para pengguna hingga 30 September 2020. Selanjutnya, Blanja.com akan menyelesaikan hal-hal yang terkait penyelesaian kemitraan bisnis retail sesuai dengan kesepakatan dan ketentuan yang berlaku.

Blanja.com tercatat dikelola oleh PT Metra Plasa, yaitu perusahaan joint venture Telkom dengan eBay. Badan usaha portal belanja online ini didirikan pada 2012 dan resmi diluncurkan pada 2014. Sejak itu, Blanja.com melakukan berbagai strategi demi berkompetisi dengan pemain e-commerce lain yang lebih dulu hadir di Indonesia. Blanja.com dikabarkan pernah meraih pendanaan pada 2016, rebranding pada 2017, mengganti pimpinan pada 2018, hingga menggandeng beberapa sistem pembayaran online, termasuk LinkAja pada 2019.

Penutupan Blanja.com dan mengubah haluan ke model business to business e-commerce menjadi babak baru bagi Telkom. Apalagi, perseroan berambisi untuk membesarkan bisnis digital. Hal ini tercermin lewat keputusan Telkom mengangkat Fajrin yang sebelumnya co-founder Bukalapak menjadi direktur digital Telkom pada Juni 2020.

 

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN