Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Telkom. (Dok. Telkom)

Ilustrasi Telkom. (Dok. Telkom)

Telkom (TLKM) Pastikan Investasi Telkomsel di Gojek Bukan Transaksi Afiliasi

Rabu, 25 Mei 2022 | 08:03 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) memastikan bahwa investasi PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) kepada PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) atau sekarang bernama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), bukanlah transaksi afiliasi.

Hal tersebut dijelaskan dalam keterbukaan informasi TLKM pada 24 Mei 2022, dalam menjawab permintaan penjelasan dari Bursa Efek Indonesia (BEI).

Baca juga: Banjir Katalis Positif, Saham GOTO Diprediksi Melonjak Pasca-Investasi Telkomsel

“Sebagaimana telah kami sampaikan dalam Keterbukaan Informasi No. TEL.43/LP000/DCIM2000000/2021 pada tanggal 24 Mei 2021, bahwa tambahan investasi Telkomsel kepada Gojek bukan merupakan transaksi afiliasi sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal (UUPM) dan Peraturan OJK No. 42/POJK.04/2020 tentang Transaksi Afiliasi dan Transaksi Benturan Kepentingan (POJK 42) antara Telkomsel dan Gojek,” jelas VP Investor Relation TLKM Andi Setiawan dalam keterbukaan informasi dikutip Rabu (25/5/2022).

Dia menambahkan, menurut Pasal 1 angka 3 POJK 42, definisi transaksi afiliasi adalah setiap aktivitas dan/atau transaksi yang dilakukan oleh perusahaan terbuka atau perusahaan terkendali dengan afiliasi dari perusahaan terbuka atau afiliasi dari anggota direksi, anggota dewan komisaris, pemegang saham utama, atau pengendali, termasuk setiap aktivitas dan/atau transaksi yang dilakukan oleh perusahaan terbuka atau perusahaan terkendali untuk kepentingan afiliasi dari perusahaan terbuka atau afiliasi dari anggota direksi, anggota dewan komisaris, pemegang saham utama, atau pengendali.

Menurut Andi, tidak terdapat kesamaan satu atau lebih anggota direksi dan/atau dewan komisaris antara perseroan atau Telkomsel dengan Gojek sebagaimana dimaksud dalam ketentuan Pasal 1 angka 1 huruf c POJK 42.

Dia juga menyatakan, Telkomsel dan Gojek bukan merupakan perusahaan yang dikendalikan baik secara langsung ataupun tidak langsung oleh pihak yang sama sebagaimana dimaksud dalam ketentuan Pasal 1 angka 1 huruf e POJK 42, di mana perseroan selaku induk perusahaan Telkomsel dalam hal ini dikendalikan oleh Negara Republik Indonesia dan Gojek tidak dikendalikan oleh Negara Republik Indonesia.

“Transaksi tersebut bukan merupakan transaksi yang dilakukan perseroan atau Telkomsel dengan pemegang saham utama perseroan atau Telkomsel sebagaimana dimaksud dalam ketentuan Pasal 1 angka 1 huruf f POJK 42,” sebut Andi.

Baca juga: Perkuat Platform Digital, Telkom (TLKM) Suntik Modal TED Rp 292 Miliar

Lebih lanjut, papar dia, transaksi ini juga tidak dilakukan oleh perseroan untuk kepentingan Telkomsel mengingat perseroan bukan merupakan pihak yang terlibat dalam Transaksi.

“Berdasarkan uraian di atas, perseroan meyakini bahwa Gojek bukanlah afilasi dari perseroan sehingga transaksi yang dilakukan antara Telkomsel dan Gojek tidak memenuhi definisi transaksi afiliasi sebagaimana diatur dalam POJK 42,” sebut dia.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN