Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pusat perbelanjaan ritel, apartemen dan perkantoran Superblok Kota Kasablanka, Jakarta. Foto: istimewa

Pusat perbelanjaan ritel, apartemen dan perkantoran Superblok Kota Kasablanka, Jakarta. Foto: istimewa

Terdampak Pandemi, Laba PWON 2020 Tetap Double Digit

Minggu, 11 April 2021 | 22:47 WIB
Investor Daily

JAKARTA, investor.id -  PT Pakuwon Jati (PWON) membukukan pendapatan bersih tahun 2020 Rp 3.977 miliar, turun 44,8% dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 7.202 miliar. Sedangkan EBITDA sebesar Rp 2.051 miliar turun 48,6% dibanding tahun sebelumnya Rp 3.992 miliar.

Walaupun mengalami penurunan pendapatan sebagai dampak pandemi, rasio laba PWON untuk 2020 masih tetap terjaga double digit yakni 30%, selain itu arus kas Perseroan tetap kuat dan positif sehingga mampu mendukung kebutuhan belanja modal maupun ekspansi anorganik yang dilakukan Perseroan pada tahun 2020 dengan pendanaan sepenuhnya dari kas internal.

Komposisi pendapatan tahun 2020 terdiri atas 58% recurring revenue dan 42% development revenue, konsisten dengan strategi Perseroan untuk tumbuh dengan komposisi pendapatan yang berimbang antara recurring dan development revenue.

Kinerja PT Pakuwon Jati (PWON) selama 2020
Kinerja PT Pakuwon Jati (PWON) selama 2020

Recurring revenue Perseroan tahun 2020 mencapai Rp 2.300 miliar turun 37,7% dibandingkan tahun 2019 yang sebesar Rp 3.693 miliar.

Development revenue Perseroan tahun 2020 mencapai Rp 1.677 miliar sedangkan tahun lalu sebesar Rp 3.509 miliar.

Mulai tahun 2020 ini Perseroan telah menerapkan pengakuan penjualan sesuai PSAK 72, dimana pengakuan penjualan berdasarkan handover (penyerahan unit) tidak lagi berdasarkan percentage of completion.

Berdasarkan revenue per segment kontribusi terbesar didapatkan dari retail leasing dan Condominium masing masing 44% dan 28%, landed houses 12%, office leasing 7%, Hotel dan Serviced Apartments 7% dan office sales 2%.

Marketing Sales Triwulan 1 2021 naik 17% yoy

Tingkat suku bunga yang rendah dan fasilitas insentif PPN telah mendorong kenaikan marketing Perseroan triwulan 1 2021 yang mencapai Rp 427 miliar, tumbuh 17% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Nilai marketing sales tersebut ekuivalen dengan 30,5% dari target Perseroan untuk tahun 2021 sebesar Rp 1.400 miliar.

Tahun 2020 Perseroan mencatatkan pencapian marketing sales Rp 1.026 miliar terutama dari dengan komposisi penjualan condominium 60%, landed houses 37%, dan office 3%.

Belanja Modal dan Ekspansi Anorganik

Pengeluaran belanja modal tahun 2020 yang telah dikucurkan oleh Perseroan untuk membiayai proyek-proyek konstruksi Kota Kasablanka Phase 2, Tunjungan Plaza 6, Pakuwon Mall phase 3 dan 4 , East Coast Mansion serta pembelian tanah mencapai Rp 874 miliar.

Selain itu pada akhir Nopember 2020, Perseroan melakukan pembelian Hartono Mall Yogyakarta, Marriott Hotel Yogyakarta dan Hartono Mall Solo dengan nilai keseluruhan (termasuk pajak dan biaya lainnya) sebesar Rp 1,236 miliar.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN