Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP). Foto: IST

PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP). Foto: IST

PENJUALAN 2020 TUMBUH 4,8%

Tetap Agresif Ekspansi, Catur Sentosa Relokasi Mitra10 dan Atria

Kamis, 11 Februari 2021 | 05:52 WIB
Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) selaku induk usaha akan meresmikan Mitra10 dan Atria Kalimalang, Bekasi, pada 11 Februari 2021. Dua toko ini merupakan relokasi dari Mitra10 Kalimalang lama dan kini menempati area yang lebih luas.

Catur Sentosa Adiprana merupakan perusahaan distribusi terbesar dan terkemuka untuk bahan bangunan, kimia dan consumer goods/FMCG, dan pemilik jaringan gerai ritel modern terbesar bahan bangunan & home improvement Mitra10 dan home furnishing Atria. Saat ini, perseroan memiliki 42 cabang distribusi bahan bangunan di 40 kota besar, 4 cabang distribusi kimia, 38 area distribusi FMCG, 38 gerai Mitra10, dan 12 gerai Atria.

“Setelah relokasi, Mitra10 Kalimalang yang baru menempati area seluas 10.000 m2 dengan area penjualan (selling area) seluas 5.500 m2. Lokasi baru Mitra10 ini lebih luas 70% dibandingkan lokasi lama dan menyediakan lahan parkir yang lebih luas, sehingga mampu menampung 150 mobil,” jelas manajemen Catur Sentosa Adiprana dalam keterangan tertulis, Rabu (10/2).

Superstore ini nantinya akan menjual 25.000 SKU (item barang) yang terbagi atas 13 kategori, mulai dari cat dan variannya, lantai dan dinding, kamar mandi, dapur, pintu dan jendela, instalasi pipa (plumbing), material bangunan, listrik dan lampu, perkakas rumah (hardware), tools, hobi, perabot rumah tangga (houseware), hingga home appliances. 80% dari SKU yang ditawarkan merupakan produk nasional buatan Indonesia dan memperkerjakan 140 karyawan dari kawasan setempat.

Begitu pula dengan Atria Kalimalang baru yang berlokasi di dalam Mitra10 ini menempati area penjualan seluas 1.900 m2 (selling area), dimana lebih luas 785 m2 dari area penjualan di lokasi yang lama.

Dengan mengusung konsep belanja satu atap, ke-13 kategori barang yang ditawarkan Mitra10 dan Atria ditata sedemikian rupa, sehingga terlihat menarik dan mempermudah pengalaman berbelanja. Mitra10 Kalimalang yang baru juga menyediakan area F&B seluas 1.370 m2.

Selain toko offline, Mitra10 juga memiliki strategi khusus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, apalagi saat pandemi Covid-19 ini, yaitu layanan belanja melalui toko online mitra10.com dan platform Digiretail dengan Whatsapp business di nomor +62 878-0002-1010. Atria juga berstrategi sama untuk mempermudah pelanggan berbelanja online melalui atria.co.id dan Whatsapp business di nomor +62 817-9906-696.

Hingga saat ini, Mitra10 telah beroperasi di kota-kota besar di Indonesia, yakni Jabotabek, Cikarang, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Sidoarjo, Surabaya, Malang, Denpasar, Lampung, Palembang, Batam, Medan, Makassar, dan Balikpapan.

Kinerja 2020

Pada akhir 2020, Catur Sentosa membukukan penjualan konsolidasi sebesar Rp 12,6 triliun, tumbuh 4,8% dibandingkan periode 2019. Adapun proses audit masih berlangsung.

Sementara itu, hingga kuartal III-2020, Catur Sentosa membukukan penjualan konsolidasi sebesar Rp 9,1 triliun, tumbuh 3,95% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Laba usaha tumbuh 33,94% menjadi Rp 243,21 miliar dari Rp 181,59 miliar. Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk naik signifikan 46% menjadi Rp 61 miliar dari Rp 41 miliar.

Pencapaian penjualan 2020 tersebut tidak lepas dari strategi yang ditempuh, antara lain fokus pada private/house brand untuk meningkatkan profitabilitas dan monitoring strategi cost management. Sebagai perusahaan publik, untuk mempertahankan laju pertumbuhan yang berkesinambungan dan memberikan nilai tambah kepada pemegang saham, perseroan tetap akan melanjutkan strategi ekspansi yang agresif pada segmen ritel modern Mitra10.

Tahun 2021, perseroan menargetkan 1 relokasi toko dan membuka 4 superstore baru Mitra10. Strategi ekspansi tersebut memperhatikan kondisi pandemi beserta mitigasi risiko untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan. Untuk mendukung rencana tersebut, perseroan menganggarkan belanja modal sekitar Rp 500 miliar. Dari total belanja modal tersebut, sebesar 90% untuk segmen ritel modern. Sisanya dialokasikan untuk segmen distribusi.

Target pertumbuhan penjualan Catur Sentosa tahun ini tidak jauh dari prediksi pertumbuhan GDP Indonesia yang sekitar 3,1%-4,4%.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN