Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Super Energy Tbk (SURE)

PT Super Energy Tbk (SURE)

Tokyo Gas Akuisisi 33,4% Saham Super Energy

Kamis, 26 November 2020 | 15:51 WIB
Farid Firdaus (farid.firdaus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id – Tokyo Gas Co Ltd, melalui Tokyo Gas Asia Pte Ltd, mengakuisisi 33,4% saham PT Super Energy Tbk (SURE) yang dimiliki PT Super Capital Indonesia. Aksi ini membuat perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Tokyo (TSE) tersebut semakin ekspansif di Indonesia.

Transaksi ini digelar pada 25 November. Sebelumnya, Tokyo Gas Asia telah mengakuisisi sekitar 18% saham anak usaha Super Energy, yakni PT Energy Mina Abadi pada 24 November. Akuisisi ini sekaligus menjadi aksi kelima Tokyo Gas di perusahaan distribusi gas secara global. Perusahaan tak menyebut rinci nilai akuisisi tersebut.

Manajemen Tokyo Gas menjelaskan, kebutuhan pasokan energi di Indonesia dinilai sangat tinggi dan diharapkan meningkat dalam jangka panjang. Perseroan menangkap peluang bisnis di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan sejak 2015 dan agresif mengembangkan bisnisnya.

“Visi manajemen adalah Compass 2030, yakni memperluas dan melakukan diversifikasi bisnis global serta mendorong realisasi zero Co2 society,” jelas manajemen dalam keterangan resmi, Kamis (26/11).

Tokyo Gas berencana membawa teknologi dan keahlian perseroan dalam bisnis gas alam cair (LNG) untuk mendukung Super Energy dan memfasilitasi penetrasi energi bersih di Indonesia.

Adapun, bisnis Super Energy dinilai cocok dengan visi Tokyo Gas lantaran Super Energy yang mayoritas distribusinya di Jawa, memurnikan dan mengkompres gas alam berupa compressed natural gas (CNG) ke pelanggan industri.

Super Energy berencana mendorong pengurangan emisi Co2 di dalam negeri dengan meningkatkan pemanfaatan gas yang tidak terpakai dan mendorong konsumen industri beralih ke bahan bakar gas alam. Sebagai informasi, perseroan memiliki dua fasilitas pengolahan gas di Tuban, Jawa Timur.

Pertama, fasilitas yang dikelola anak usaha PT Gasuma Federal Indonesia sejak 2012, yakni memproses dan mengelola gas suar menjadi kondensat, liquid petroleum gas (LPG) dan lean gas yang berasal dari lapangan Mudi dan Sukowati. Pada fasilitas tersebut, perseroan memiliki total kapasitas penyimpanan LPG sebanyak 480 ribu ton dan kondensat 7.000 barel.

Sementara itu, fasilitas kedua dikelola anak usaha PT Bahtera Abadi Gas yang mengoperasikan CNG mother station di Tuban, Jawa Timur dengan kapasitas sebesar 3x1,7 Mmscfd sejak 2011. Selain itu, perusahaan pada 2015 membangun CNG plant kedua di Gresik dengan kapasitas sebesar 2x1,7 Mmscfd.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN