Menu
Sign in
@ Contact
Search
Traveloka. (Ilustrasi/Ist)

Traveloka. (Ilustrasi/Ist)

Traveloka Raih Pendanaan dari INA dan BlackRock Cs Rp 4,5 Triliun

Kamis, 29 September 2022 | 14:05 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Indonesia Investment Authority (INA), BlackRock (melalui dana kredit privat yang dikelolanya), Allianz Global Investors (melalui dana yang dikelolanya), Orion Capital Asia (melalui dana dan akun yang dikelolanya), dan lembaga keuangan global terkemuka lainnya telah menandatangani perjanjian untuk menyediakan fasilitas pendanaan senilai US$ 300 juta atau sekitar Rp 4,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.000/USD) bagi Traveloka.

Putaran pendanaan ini telah menarik minat yang signifikan dari sejumlah penyedia modal jangka panjang berkualitas tinggi hingga mengakibatkan terjadinya kelebihan permintaan dalam transaksi.

Baca juga: Jubir BUMN Tegaskan PMN untuk Penugasan Bukan Tutup Kerugian

Pendanaan ini akan mendukung pertumbuhan ekosistem digital di sektor perjalanan dan akan memungkinkan perusahaan untuk tumbuh lebih jauh, sekaligus mengukuhkan status sebagai salah satu pemimpin teknologi di kawasan.

"Pandemi telah mempercepat transformasi digital. Perubahan perilaku pelanggan ditambah dengan layanan teknologi inovatif, mencerminkan bagaimana digitalisasi dapat membantu mendorong pemulihan ekonomi,” jelas CEO INA Ridha Wirakusumah dalam keterangan resmi, Kamis (29/9/2022).

Dia menambahkan, agen perjalanan online (OTA) pun telah mengubah lanskap industri selama pandemi Covid-19. Misalnya, peran OTA dalam pemesanan bruto pariwisata Indonesia saat ini meningkat dari 24% sebelum pandemi, menjadi 33% pada tahun 2021, dengan harapan mencapai 36% pada tahun 2024.

Lebih lanjut, katanya, pihaknya senang dengan putaran pendanaan Traveloka melalui kerja sama dengan BlackRock, Allianz Global Investors, dan Orion serta lembaga keuangan global terkemuka lain.

“Hal ini sejalan dengan misi INA untuk menciptakan kemakmuran bagi Indonesia dalam jangka panjang, dengan meletakkan dasar bagi ekosistem digital yang berkelanjutan, termasuk infrastruktur digital, layanan digital, dan platform digital, yang akan sangat membantu mendorong pemulihan dan pertumbuhan ekonomi,” imbuhnya.

Baca juga: Infrastruktur Era Jokowi juga sebagai Bentuk Keadilan Sosial

“Kami percaya bahwa Traveloka adalah champion nasional dan regional Indonesia serta merupakan katalis utama menuju digitalisasi perjalanan dan akomodasi di Indonesia dan kawasan. Kami percaya investasi bersama ini dapat memungkinkan Traveloka untuk memperdalam kepemimpinannya dan menciptakan nilai bagi seluruh ekosistem perjalanan," tambah Ridha.

Head Asian Private Credit, BlackRock, Celia Yan berkomentar, Traveloka adalah pemimpin yang kuat di bidang perjalanan online di Asia Tenggara, kawasan yang telah menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di dunia.

“Kami sangat senang menjadi investor utama transaksi pendanaan ini sebagai bagian dari strategi kredit privat khusus kami untuk mendukung pertumbuhan bisnis Traveloka,” kata dia.

Head of Asia Private Credit, Allianz Global Investors Sumit Bhandari, memberikan komentar, pihaknya sangat senang dapat mendukung perusahaan yang berfokus pada eksekusi seperti Traveloka, yang memiliki rekam jejak sangat baik dan potensi yang besar di depan mereka.

“Kami sangat terkesan dengan cara Traveloka melewati krisis dan kami selalu ingin mendukung bisnis dan manajemen yang terbukti tangguh dan dibangun untuk jangka panjang,” papar dia.

Managing Partner, Orion Capital Asia Ming Eng, menambahkan, pihaknya gembira dapat bermitra dengan Traveloka dalam perjalanannya memberikan penawaran terdepan untuk perjalanan dan gaya hidup di Asia Tenggara guna memenuhi aspirasi populasi yang paham teknologi. Pihaknya berharap dapat terus mendukung pertumbuhan Traveloka di masa depan.

Baca juga: Petrosea (PTRO) Optimistis Diversifikasi Usaha Hasilkan Pertumbuhan

Sementara itu CEO dan Co-founder, Traveloka, Ferry Unardi mengatakan, Traveloka sangat senang dengan bergabungnya INA, BlackRock, Allianz Global Investors, Orion, dan lainnya ke dalam kelompok investor yang memiliki komitmen yang sama dan yakin pada visi untuk memenuhi aspirasi perjalanan dan gaya hidup pengguna Traveloka.

“Bisnis kami terus mengalami peningkatan dan industri pariwisata kembali bangkit dari pandemi. Pendanaan ini memberi kesempatan bagi kami untuk memperkuat neraca kami dan memungkinkan kami untuk terus fokus pada bisnis utama sekaligus membangun bisnis masa depan," ujar Ferry Unardi.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com