Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Garudafood berkomitmen untuk mendukung perkembangan bisnis Mulia Boga Raya dari berbagai aspek, seperti distribusi, produk, serta supply and chain.

Garudafood berkomitmen untuk mendukung perkembangan bisnis Mulia Boga Raya dari berbagai aspek, seperti distribusi, produk, serta supply and chain.

Tuntaskan Akuisisi Mulia Boga, Garudafood Siap Berkolaborasi

Selasa, 27 Oktober 2020 | 17:34 WIB
Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id — PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) menyiapkan sejumlah rencana setelah berhasil menuntaskan akuisisi saham PT Mulia Boga Raya Tbk (KEJU). Aksi ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan kedua usaha perseroan.

Direktur Garudafood Putra Putri Jaya Paulus Tedjosutikno mengatakan, perseroan berkomitmen untuk mendukung perkembangan bisnis Mulia Boga Raya dari berbagai aspek, seperti distribusi, produk, serta supply and chain.

“Kami akan terus melanjutkan Mulia Boga Raya sebagai perusahaan yang berdiri sendiri, karena perusahaan tersebut merupakan suatu perusahaan publik. Namun, tentu kami sudah melihat banyak potensi untuk bisa saling bersinergi,” ujar Paulus dalam paparan publik melalui daring, Selasa (27/10).

Satu dari beberapa rencana yang bakal direalisasikan perseroan adalah sinergi dengan Mulia Boga Raya. Seperti yang diketahui, perseroan memiliki produk Garry, dimana keju adalah bahan turunan dari produk ini. Perseroan sudah banyak menggunakan komponen atau bahan baku keju dalam pembuatan produk makanannya. Menurut Paulus, perseroan melihat banyak peluang yang bisa dikerjasamakan untuk saling mendukung pengembangan bisnis kedua perseroan.

Dengan adanya sinergi antara kedua perseroan tersebut, pihaknya meyakini bahwa Mulia Boga Raya kedepannya akan memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap laporan keuangan Garudafood secara total konsolidasi.

Perseroan sebelumny telah menuntaskan pembelian 55% atau setara 825 juta saham PT Mulia Boga Raya Tbk (KEJU) senilai Rp 953,70 miliar. Aksi ini menjadikan Garudafood resmi menjadi pengendali baru produsen keju Prochiz.

Harga pembelian yang disepakati Rp 1.156 per saham. Eksekusi pengambilalihan saham Mulia Boga pada 14 Oktober 2020. Saham yang diakuisisi tersebut merupakan milik para direksi dan pemegang saham individu Mulia Boga.

Secara terperinci, sebanyak 371,25 juta saham milik Lie Po Fung (Jaya), 226,87 juta saham milik Sandjaya Rusli, 96,25 juta saham milik Berliando Lumban Toruan, 82,50 juta saham milik Agustini Muara, 24,06 juta saham milik Marcello Rivelino Gunadirdja, dan 24,06 juta saham milik Amelia Fransisca.

Sementara itu, dari sisi belanja modal (capital expenditure/capex), perseroan mengestimasikan penyerapan hingga akhir tahun sekitar 80-85%. Adapun capex ini akan digunakan untuk menyelesaikan projek yang sudah dilakukan di tahun 2019, seperti penyelesaian gudang dan pemasangan mesin.

“Dengan adanya penyelesaian tersebut, secara kapasitas kami sudah siap untuk menjalankan bisnis yang diharapkan lebih baik di tahun mendatang,” ujar dia.

Sedangkan dari sisi kinerja keuangan, sepanjang semester I-2020 perseroan mengalami tren perlambatan penjulan sebagai dampak dari pandemi. Penjualan bersih perseroan turun 8,38% menjadi Rp 3,91 triliun dari periode sama tahun lalu yang membukukan Rp 4,27 triliun.

Sedangkan laba bersih terkoreksi 49,77% menjadi Rp 115 miliar dari periode Juni tahun lalu Rp 229 miliar. Total aset tumbuh sebesar 8% atau sebesar Rp 5,46 triliun yang terdiri atas total liabilitas sebesar Rp 2,87 triliun dan total ekuitas sebesar Rp 2,59 triliun.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN