Menu
Sign in
@ Contact
Search
Pekerja sedang membersihkan kaca gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. (Beritasatu Photo/Uthan AR)

Pekerja sedang membersihkan kaca gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. (Beritasatu Photo/Uthan AR)

Untuk Jamin Likuiditas Waran Terstruktur, Ada liquidity provider-nya loh!

Senin, 19 September 2022 | 10:50 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Tiga waran terstruktur resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) mulai 19 September 2022. Ketiganya adalah waran terstruktur dengan underlying saham BBRI, UNVR, dan ADRO yang diterbitkan oleh RHB Sekuritas.

Direktur BEI Jeffrey Hendrik menjelaskan, pencatatan perdana produk structured warrant atau waran terstruktur merupakan pertama di indonesia.

Baca juga: Waran Terstruktur BBRI, UNVR, ADRO Resmi Listing di BEI, Begini Detailnya

Menurutnya, dari data aktivitas transaksi di pasar regional, waran terstruktur punya demand dan nilai turnover yang besar. Perdagangan waran terstruktur di pasar sekunder juga dapat meningkatkan  aktivitas perdagangan saham dan efek underlying-nya karena aktivitas hedging dari penerbit waran.

“Selain itu di Indonesia waran terstruktur dikeluarkan menggunakan underlying IDX30 sehingga investor dapat imbal hasil dari pergerakan saham konstituen dan dengan modal relatif kecil,” papar dia, Senin (19/9/2022).

Untuk menjamin likuiditas waran terstruktur ini, terang Jeffrey, ada liquidity provider atau penyedia likuiditas. “Kita juga akan ada liquidity provider sehingga likuiditas waran terstruktur ini dijamin likuiditasnya,” imbuhnya.

Baca juga: MNC Asia Holding (BHIT) Jual Saham MNC Land (KPIG), ke Siapa?

Adapun BEI dalam pengumumannya tertanggal 14 September 2022, menyatakan bahwa BEI memberikan persetujuan PT RHB Sekuritas Indonesia sebagai liquidity provider atas seri waran terstruktur dengan koden BBRIIDRCM3A, UNVRDRCM3A, dan ADRODRCM3A terhitung mulai 19 September 2022.

Sementara itu, Direktur Utama PT RHB Sekuritas Indonesia Thomas Nugroho menjelaskan, pihaknya bangga bisa menjadi bagian yang pertama dari sejarah pasar modal Indonesia melalui peluncuran waran terstruktur.

Baca juga: Pengumuman, Ini Tiga Agenda Penting di Pasar Kripto Pekan Ini

“Produk ini persiapannya cukup lama. Ini sangat berharga bagi kami. Ada 3 seri waran terstruktur yang akan meluncur hari ini yaitu dari saham Unilver, Adaro, dan BBRI. Produk ini merupakan jawaban untuk diversifikasi instrumen investasi bagi investor di Indonesia yang menginginkan harga saham yang lebih terjangkau kemudian volatilitas yang gesit,” ungkap dia.

Dia menekankan, produk ini semua diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan BEI. Saham-saham yang menjadi underlying juga saham blue chip.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com