Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Waskita Karya Tbk (WSKT) melalui anak usaha, PT Waskita Toll Road (WTR) menggandeng PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebagai mitra strategis untuk percepatan pembangunan ruas Tol Cimanggis-Cibitung. (Foto: Ist)

PT Waskita Karya Tbk (WSKT) melalui anak usaha, PT Waskita Toll Road (WTR) menggandeng PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebagai mitra strategis untuk percepatan pembangunan ruas Tol Cimanggis-Cibitung. (Foto: Ist)

Waskita (WSKT) Gandeng SMI Jadi Mitra Strategis di Tol Cimanggis-Cibitung

Selasa, 5 Juli 2022 | 11:33 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Waskita Karya Tbk (WSKT) melalui anak usaha, PT Waskita Toll Road (WTR) menggandeng PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebagai mitra strategis untuk percepatan pembangunan ruas Tol Cimanggis-Cibitung.

Masuknya SMI ke dalam PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT) selaku badan usaha jalan tol (BUJT) pemegang konsesi ruas tol Cimanggis-Cibitung ini melalui mekanisme share swap 55% kepemilikan saham WTR di CCT.

Advertisement

Baca juga: SMI Danai Proyek Tol Waskita (WSKT) Rp 2,9 Triliun

Adapun kepemilikan saham WTR di CCT sebelumnya sebesar 90% dan setelah masuknya SMI maka stuktur kepemilikan pada CCT terdiri dari SMI sebesar 55%, WTR sebesar 35%, serta pemegang saham lainnya sebesar 10%.

Direktur Utama Waskita Karya, Destiawan Soewardjono menyampaikan kerja sama strategis ini merupakan strategic partnership di mana salah satu bagian dari implementasi 8 streams penyehatan keuangan Waskita untuk memperkuat struktur permodalan dan perbaikan kinerja operasional.

Pada tahun 2022, perseroan menargetkan dapat menggandeng partner strategis untuk empat ruas jalan tol dan ruas Tol Cimanggis-Cibitung ini adalah yang pertama yang berhasil dilaksanakan pada tahun 2022.

“Kerja sama strategis ini merupakan tindak lanjut tahap akhir dari rencana konversi saham WTR dengan PT SMI dengan mengoptimalkan konsesi jalan tol yang kami miliki. Hal ini sejalan dengan strategi bisnis Waskita dalam memperkuat modal kerja serta mendukung komitmen perseroan untuk menyelesaikan pembangunan ruas-ruas tol terutama proyek strategis nasional yang ditetapkan pemerintah,” ujar Destiawan dalam keterangan resmi, Selasa (5/7/2022).

Destiawan menambahkan perseroan juga memperkuat posisi kepemilikan saham mayoritas di anak usaha PT Waskita Toll Road (WTR) dengan menggantikan 4,5% kepemilikan saham SMI di WTR melalui konversi menjadi kepemilikan saham pada CCT sebagai bagian dari kesepakatan kerja sama strategis yang dimaksud. Ini merupakan tahap II dari konversi saham SMI di WTR ke BUJT yang dimiliki WTR.

Sebelumnya, pada Juni 2021 WTR dan SMI telah melakukan kerja sama strategis atas kepemilikan 20% saham WTR di ruas Tol Semarang-Batang dan 34,99% saham di ruas Tol Cinere-Serpong.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada SMI yang selama ini telah menjadi partner strategis dalam mendukung pembangunan infrastruktur berkelanjutan di Indonesia termasuk percepatan penyelesaian konstruksi jalan tol seperti ruas Semarang-Batang, Cinere-Serpong dan Cimanggis-Cibitung serta ruas tol lainya. Saat ini perseroan juga sedang menjajaki kerja sama dengan para investor, salah satunya dengan Indonesia Investment Authority (INA) untuk melanjutkan strategic partnership sebagai tindak lanjut heads of agreement (HoA) investasi beberapa ruas jalan Tol Trans Jawa dan kami harapkan dapat terfinalisasi dalam waktu dekat,” tambah Destiawan.

Baca juga: Bali Towerindo (BALI) Bagikan Dividen Rp 122,5 Miliar

Sebagai informasi, ruas tol Cimanggis-Cibitung yang dikelola oleh BUJT PT Cimanggis Cibitung Tollways ini terdiri dari dua seksi dengan total panjang 26,18 km. Seksi I (Cimanggis-Jatikarya) telah beroperasi penuh sejak November 2020, sedangkan Seksi II (Jatikarya – Cibitung) masih dalam tahap konstruksi dan diperkirakan akan selesai dan beroperasional penuh pada akhir 2023.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN