Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Rest area yang dikelola PT Jasa Marga Related Business. Foto: Perseroan

Rest area yang dikelola PT Jasa Marga Related Business. Foto: Perseroan

Wih, Anak Usaha Jasa Marga (JSMR) Siapkan Hotel di Rest Area Tol Trans-Jawa

Rabu, 12 Januari 2022 | 07:55 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – PT Jasa Marga Tbk (JSMR) melalui anak usahanya PT Jasa Marga Related Business (JMRB) menggandeng salah satu entitas Alfaland Group, yakni Omega Hotel Management (OHM) untuk mengembangkan fasilitas inap di rest area. Sebagai identifikasi awal, fasilitas inap tersebut akan dikembangkan di Jalan Tol Trans-Jawa.

Perjanjian kerja sama itu tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani Direktur Utama Jasa Marga Related Business Cahyo Satrio Prakoso dan Director of Operations PT Omega Hotel Manajemen Aswin Drajat Sukrisna pada Senin (10/1).

Direktur Utama PT JMRB Cahyo Satrio Prakoso mengatakan, kerja sama pengembangan rest area ini menyusul terbitnya Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR) No. 28 Tahun 2021 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Jalan Tol.

Baca juga: Konsorsium Jasa Marga (JSMR) Menang Lelang Tol Gedebage-Tasik-Cilacap Rp 56,2 T

"Dengan adanya peraturan menteri PUPR tersebut, kualitas pelayanan bagi pengguna jalan tol dapat lebih ditingkatkan karena rest area dapat dikembangkan dengan menambah fasilitas penunjang berupa sentra bisnis lokal atau daerah, area logistik, kawasan industri, hingga destinasi penunjang wisata, termasuk fasilitas inap,” ujar Cahyo dalam keterangan resminya, Selasa (11/1).

Menurut Cahyo, saat ini PT JMRB dan OHM masih mengkaji lebih lanjut potensi pengembangan fasilitas inap di rest area. Berdasarkan identifikasi awal, jaringan Jalan Tol-Trans Jawa dinilai cocok dengan fasilitas inap ini.

"Target utama kami tentu saja pengguna jalan dengan perjalanan menerus/jarak jauh, demi keamanan dan keselamatan perjalanan mereka," tuturnya.

Pasalnya, selama ini para pengguna jalan membutuhkan fasilitas inap untuk perjalanan dari Jakarta atau bahkan Merak menuju Semarang atau Surabaya serta sebaliknya. Mereka harus keluar jalan tol terlebih dahulu untuk menemukan hotel terdekat.

Dipilihnya Jalan Tol Trans-Jawa, selain karena panjang dan ramai, sebanyak 85% rest area jalan tol yang dikelola PT JMRB juga terletak di jaringan tol tersebut sehingga potensi pengembangan fasilitas inap ini menjadi semakin terbuka. Kendati begitu, bila dibutuhkan, tidak menutup kemungkinan fasilitas inap juga akan dikembangkan di rest area di Jalan Tol Luar Jawa.

Karena itu, PT JMRB memerlukan mitra atau rekan strategis yang dapat bekerja sama dengan saling memanfaatkan potensi sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak, salah satunya OHM di bawah naungan Alfaland Group.

Sementara itu, Director of Operations PT Omega Hotel Manajemen Aswin Drajat Sukrisna mengatakan, dengan menjalin kerja sama bersama PT JMRB, OMH ingin mengembangkan bisnis perhotelan yang dapat memajukan industri pariwisata Indonesia.

Tentunya, dengan menghadirkan fasilitas akomodasi terbaik bagi masyarakat yang menghampiri seluruh rest area yang dikembangkan PT JMRB.

"Kami sepakat dengan PT JMRB bahwa saat ini rest area yang berpotensi menghadirkan hotel adalah rest area di Jalan Tol Trans-Jawa. Namun tidak menutup kemungkinan bila nantinya dibutuhkan di Jalan Tol Luar Jawa,” ujar Aswin.

Menurutnya, kehadiran hotel di rest area akan semakin menambah daya tarik, kenyamanan, dan keamanan bagi para bleisure (business & leisure) travelers yang bepergian melalui jalur darat.

Baca juga: Tiga Ruas Tol Jasa Marga Raih  Predikat Jalan Tol  Terbaik

Sebagai anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang bergerak di bidang pengembangan kawasan, termasuk rest area di ruas-ruas milik Jasa Marga Group, PT JMRB terus melakukan kajian terhadap potensi pendapatan dari rest area yang dikelolanya.

Hingga saat ini, PT JMRB telah mengelola 27 rest area yang tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan OHM merupakan local hotel operator yang mengelola 17 hotel dengan beragam brand di antaranya Grand Cordela, Cordela Hotel, Cordela Inn, dan Cordex & Alfa Resort yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN