Menu
Sign in
@ Contact
Search
Caption: Satu dari tiga jetty atau pelabuhan milik Wika Beton (WTON) di pabrik perseroan yang berlokasi di Lampung. Melalui, jetty tersebut memudahkan proses distribusi produk menuju lokasi proyek dengan menggunakan kapal laut.
Sumber: Istimewa

Caption: Satu dari tiga jetty atau pelabuhan milik Wika Beton (WTON) di pabrik perseroan yang berlokasi di Lampung. Melalui, jetty tersebut memudahkan proses distribusi produk menuju lokasi proyek dengan menggunakan kapal laut. Sumber: Istimewa

Wika Beton (WTON) Incar Proyek IKN Rp 2,5 T

Rabu, 19 Okt 2022 | 15:46 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON) mengincar perolehan kontrak proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara total sebesar Rp 2,5 triliun hingga 2024. Tahun ini saja perseroan berpeluang menangkap kontrak baru proyek IKN sebesar Rp 150 miliar.

“Target kami sampai 2024 akan menargetkan perolehan kontrak (proyek IKN) sebesar Rp 2,5 triliun,” ucap Direktur Operasi dan Supply Chain Management Wijaya Karya Beton (WTON) Taufik Dwi Wibowo dalam konferensi pers, Rabu (19/10/2022).

Dari total target tersebut, Taufiq memperkirakan kontribusi yang paling besar akan diperoleh perseroan pada 2023 dan sebagian lagi diraih pada 2024 seperti jalan tol di Pulau Balang. Serta, beberapa precast serta material untuk proyek gedung dan infrastruktur pendukung Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Baca juga: Wika Beton (WTON) Bukukan Kontrak Baru hingga September Rp 4,95 T

Advertisement

Taufik menjelaskan, pembangunan proyek IKN akan dikerjakan melalui tiga tahap. Tahap pertama, membangun infrastruktur dasar, selanjutnya membangun infrastruktur di luar KIPP. Sedangkan tahapan ketiga, membangun KIPP seperti istana presiden-wakil presiden, dan gedung-gedung pemerintahan lainnya.

Khusus untuk tahun ini, lanjut dia, perseroan berpotensi mendapatkan kontrak proyek IKN sebesar Rp 150 miliar yang beberapa di antaranya sudah berhasil digenggam di tangan, sedangkan sisanya masih dalam proses negosiasi. Bahkan, dalam waktu dekat perseroan juga akan mendapatkan pesanan sebesar Rp 50 miliar untuk suplai material proyek jalan tol.

Baca juga: Pendapatan Wika Beton (WTON) Tembus Rp 1,85 T, Labanya Melesat

“Jadi yang tadi pembangunan infrastruktur di luar KIPP itu ruas tol sepanjang 73 km. Insyaallah, bulan ini kami akan mendapatkan kontrak material ready mix dan material alam,” tutur Taufik.

Lebih lanjut Taufik mengatakan, proyek-proyek yang perseroan incar di megaproyek IKN ini bersifat multi produk yang bisa saja berasal dari produk precast dan material alam maupun produk jasa berupa jasa pemancangan.

Perihal produk, Direktur Teknik dan Produksi Wijaya Karya Beton (WTON) Sidiq Purnomo menyampaikan, ke depan perseroan akan memantapkan produk-produk inovasi yang dihasilkan selama tiga sampai empat tahun terakhir ini.

Baca juga: Agustus 2022, Kontrak Baru Wika Beton (WTON) Capai Rp 4,19 Triliun

“Jadi, tahun-tahun mendatang kita akan cenderung melakukan penetrasi pasar atas produk-produk baru kita, sambil terus berinovasi karena kita yakin inovasi menjadi salah satu yang bisa menjaga competitiveness perseroan,” ujar Sidiq. 

Di luar itu, produk perseroan juga akan sangat memperhatikan prinsip yang mendukung sustainability. Adapun, produk-produk yang sudah dirilis pada tahun ini dan tahun lalu seperti girder dan Structural Health Monitoring System (SHMS) akan terus dipenetrasikan sebab potensinya masih cukup besar di Indonesia.  

“Kemudian, produk-produk lain yang sudah kita pasang dan kembangkan terus seperti slab track untuk landasan bantalan jalur kereta api yang tidak berbasis ballast juga merupakan teknologi baru yang akan kita mantapkan terus di antaranya nanti untuk track kereta api rute Jakarta-Surabaya,” tutup Sidiq.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com