Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Salah satu proyek PT Wijaya Karya Tbk atau Wika. Foto: Perseroan.

Salah satu proyek PT Wijaya Karya Tbk atau Wika. Foto: Perseroan.

Wika Incar Bandara Hang Nadim

Jumat, 30 Juli 2021 | 06:45 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) berencana melakukan ekspansi bisnis di sektor kebandarudaraan. Salah satunya berinvestasi di Bandara Hang Nadim, Batam, dengan masa pengelolaan selama 25 tahun yang akan menghasilkan net present value (NPV) atau nilai arus kas positif sebesar Rp 681 miliar. 

“Berdasarkan pengujian atas proyeksi keuangan yang dilakukan selama 25 tahun, tingkat net present value (NPV) pada discount rate 11,18% menunjukkan nilai NPV positif sebesar Rp 681 miliar,” ungkap manajemen Wika, Kamis (29/7).

Selain itu, berdasarkan pengujian atas proyeksi keuangan yang dilakukan selama 25 tahun, bisnis ini juga menghasilkan tingkat internal rate of return (IRR) sebesar 11,52% lebih besar dari discount rate sebesar 11,18%. Ditambah, profitability index (PI) pada discount rate sebesar 11,18% menunjukkan nilai 1,145 kali atau lebih besar dari satu. Dengan demikian, ditinjau dari sisi finansial, maka usaha ini layak dilaksanakan. 

Kepada Investor Daily, manajemen perseroan belum mau menerangkan lebih jauh berapa nilai investasi yang dikucurkan Wika di bandara tersebut. Pasalnya, sejauh ini masih pada tahap head of agreement (HoA). Sehingga, masih memerlukan pembahasan detail bersama anggota konsorsium yang lain yaitu PT Angkasa Pura I (AP I ) dan Incheon International Airport Corporation (IIAC). 

Seperti diketahui, perseroan bersama AP I dan IIAC telah membentuk konsorsium AP I–IIAC–WIKA sebagai pemenang lelang proyek KPBU Bandar Udara Hang Nadim. Di bandara tersebut, perseroan bakal melaksanakan kegiatan manajemen infrastruktur bandara dan penunjangnya. Proyek tersebut diperoleh WIKA melalui penunjukan panitia pengadaan proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KBPU) di bawah Badan Pengusahaan Kawasan Batam (BP Batam).

Dengan merambah ke bidang kebandarudaraan, perseroan berpotensi memperoleh Omset Kontrak (OK) konstruksi atas hak right to match dan mendapat recurring selama masa kerja sama. Termasuk berpotensi melakukan asset recycling dan transfer knowledge dalam bisnis aviasi.

Untuk merealisasikan ekspansi tersebut, perseroan pun bakal menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang rencananya dilaksanakan pada 2 September 2021 untuk memperoleh restu dari para pemegang saham.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN