Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Teknisi bekerja di menara XL Axiata. (Foto; XL Axiata/IST)

Teknisi bekerja di menara XL Axiata. (Foto; XL Axiata/IST)

XL Beri Pinjaman ke Princeton Digital Group Data Centers

Gita Rossiana, Minggu, 22 Desember 2019 | 19:13 WIB

JAKARTA, investor.id – PT XL Axiata Tbk (EXCL) memberikan pinjaman sebesar Rp 3,23 miliar kepada Princeton Digital Group Data Centers (PDGDC). Pinjaman ini akan digunakan untuk modal kerja tambahan Princeton Digital.

Sekretaris Perusahaan XL Axiata Murni Nurdini mengatakan, PDGDC akan menggunakan pinjaman tersebut untuk membayar kurang bayar atas bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB). Biaya ini timbul karena rencana inbreng dari beberapa bidang tanah yang dimiliki di Surabaya dan Pekanbaru.

"Transaksi ini hanya bisa dilakukan antara perseroan dan PDGDC karena perseroan selaku pemegang saham adalah pihak yang dapat memberikan modal kerja tambahan apabila dibutuhkan oleh PDGDC," ujar dia dalam keterbukaan resmi.

Adapun PDGDC adalah perusahaan data center yang dibentuk oleh XL Axiata dan Princeton Digital Group (PDG). Perusahaan data center kelas dunia tersebut sebelumnya mengakuisisi 70% bisnis layanan data center XL sebelum membentuk PDGDC.

Pada awalnya, PDGDC berdiri dengan modal dasar Rp 10 miliar. Modal ini terdiri dari 100 ribu unit saham dengan nilai nominal Rp 100 ribu per saham.

Chairman dan CEO Princeton Digital Group Rangu Salgame mengatakan, pembentukan perusahaan tersebut akan mendukung eksistensi PDG di Indonesia. Perusahaan ini akan menjadi operator data center dan melayani perusahaan skala besar, unicorn domestik, dan perusahaan telekomunikasi.

Lebih lanjut Rangu mengungkapkan, PDG akan memperbesar kapasitas data center yang sudah ada dan membangun satu data center skala besar akhir tahun ini. Dengan adanya hal tersebut, perusahaan patungan ini akan menjadi pemimpin pasar di Indonesia dan salah satu operator data center terbesar di Asia Tenggara.

"Tujuan kami jelas untuk meningkatkan infrastruktur internet global untuk membangun portofolio multi-billion digital infrastructure. Pengumuman hari ini adalah langkah penting untuk mencapai tujuan tersebut," kata dia.

Di sisi lain, Presiden Direktur dan CEO XL Axiata Dian Siswarini mengungkapkan, dengan adanya perusahaan data center ini, XL Axiata akan lebih fokus kepada bisnis seluler. "Sedangkan pengelolaan data center akan ditangani secara profesional oleh perusahaan tersebut," kata dia.

Pihaknya juga akan mengkombinasikan kapasitas XL Axiata di industri telekomunikasi dengan pengalaman PDG di bidang telekomunikasi dan teknologi global untuk membuat perusahaan data center ini sebagai pilihan penyedia layanan digital di Indonesia dan di kawasan Asia.

Adapun kehadiran perusahaan data center ini tidak lepas dari besarnya potensi ekonomi digital Indonesia yang akan mendominasi Asia Tenggara pada tahun 2025.

Di seluruh Asia Tenggara, pasar layanan data center akan mengalami kemajuan besar dengan lebih dari dua kali lipat nilainya dalam empat tahun ke depan. Menurut Technavio, pasar layanan data center di wilayah ini akan tumbuh stabil pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sekitar 14% selama periode 2017 hingga 2021.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA