Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Dian Siswarini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata.

Dian Siswarini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata.

XL Gencar Garap Pelanggan di Luar Jawa

Sabtu, 15 Februari 2020 | 09:54 WIB
Parluhutan Situmorang

JAKARTA, investor.id - Axiata merupakan perusahaan telekomunikasi seluler terbesar kedua di Indonesia dengan jumlah pelanggan mencapai 56,7 juta hingga akhir 2019 dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 54,9 juta pelanggan.

Sedangkan jumlah pelanggan smartphone perseroan mencapai 48,8 juta hingga akhir 2019 dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 43,9 juta.

Adapun rata-rata pengguna (ARPU) perseroan mencapai Rp 35.000 per nomor tahun ini dibandingkan tahun lalu mencapai Rp 32 ribu per pengguna. Sedangkan tarif data perseroan menunjukkan lonjakan menjadi 3.320 peta bytes hingga akhir 2019 dibandingkan periode sama 2018 sebanyak 2.201 peta bytes.

XL Axiata.
XL Axiata.

XL juga gencar mengembangkan infrastruktur jaringan data di luar Jawa yang diharapkan mampu untuk meningkatkan kualitas layanan sekaligus menopang perusahaan dalam memperbesar pangsa pasar. Karena itu, perusahaan akan terus memperkuat jaringan data berkualitas di luar Jawa sebagai langkah strategis untuk memperkokoh fondasi bisnis di masa depan.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini sebelumnya mengatakan, perseroan akan terus menjalankan Strategi 3R dengan terus melakukan pengembangan dan perluasan infrastruktur jaringan khususnya di luar Jawa, serta melanjutkan strategi dual brand yang terbukti telah mampu memberikan hasil yang sangat bagus bagi XL Axiata dalam 3 tahun terakhir.

XL merupakan bagian dari Axiata, yaitu salah satu grup industry telekomunikasi terbesar di kawasan Asia yang didirikan pada 12 Juni 1992 dan tercatat pada papan utama Bursa Malaysia Securities Berhad sejak 28 April 2008. Axiata mengendalikan saham mayoritas pada operator-operator seluler di Malaysia, Indonesia, Bangladesh, Sri Lanka, Kamboja, serta memiliki kepentingan strategis di India, Singapura dan Pakistan.

Anak perusahaan Axiata beroperasi di bidang telekomunikasi dengan merek Celcom (Malaysia), XL (Indonesia), Dialog (Srilanka), Robi (Bangladesh), Smart (Kamboja), Idea (India) dan M1 (Singapura). Axiata juga mendirikan Edotco Group selaku perusahaan infrastruktur dan layanan telekomunikasi. Hingga akhir 2019, XL membukukan pendapatan sebesar Rp 25,15 triliun sepanjang 2019, tumbuh 9% dibandingkan 2018 sebesar Rp 22,93 triliun. XL berhasil meraih laba bersih sebesar Rp 713 miliar dari rugi sebesar Rp 3,29 triliun.

XL Axiata.
XL Axiata.

“Pertumbuhan pendapatan yang diraih sebesar 9% tersebut melampaui pendapatan rata-rata industri yang diperkirakan para analis sebesar 4%. Peningkatan pendapatan layanan ini terutama ditopang oleh pendapatan dari layanan data yang meningkat sebesar 28% year on year,” kata Dian.

Untuk pencapaian laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi (EBITDA), perseroan mengalami peningkatan sebanyak 17% secara YoY menjadi Rp 9,97 triliun, yang didorong oleh pertumbuhan pendapatan dan efisiensi melalui fokus pada keunggulan operasional.

Menurut Dian, EBITDA yang tumbuh lebih pesat dari pendapatan dan mendorong peningkatan margin EBITDA menunjukkan keunggulan efisiensi XL Axiata dari sisi operasional. Neraca keuangan perseroan saat ini juga dalam posisi sehat dengan rasio net debt to EBITDA sebesar 1,1 kali.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN