Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi investasi.

Ilustrasi investasi.

Yuk Kenali Teknik Trading Follow Trend dan Counter Trend dalam Berinvestasi

Jumat, 16 September 2022 | 16:43 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Seorang trader mempunyai pilihan tersendiri dalam memilih trend trading yang disukai. Trend trading merupakan suatu gaya trading yang mencoba mendapatkan semua keuntungan melalui analisis momentum aset ke arah tertentu seperti naik turunnya harga (Mitchell, 2021).  Ada dua macam gaya yang bisa digunakan yaitu follow trend dan counter trend.

Dikutip dari Pintu Academy, follow trend adalah metodologi perdagangan yang berusaha menangkap tren di semua pasar menggunakan manajemen risiko yang tepat. Trend trading yang menggunakan manajemen risiko sejak awal, mereka akan tahu persis tindakan apa yang akan diambil.

Baca juga: Saham Pilihan untuk Trading 16 September dan Target Harganya

Misalnya mereka akan tahu berapa banyak yang harus dibeli atau dijual berdasarkan jumlah uang yang dimiliki. Sebagian trader yang memakai gaya ini mencoba mempelajari realitas ekonomi seperti permintaan dan penawaran yang mereka yakini sebagai dasar nilai pasar.

Para trader juga akan mempertimbangkan pada kebijakan pemerintah, proyeksi ekonomi, dan analisis neraca untuk memutuskan apakah membeli atau menjual. Singkatnya mereka akan bereaksi kepada pasar berdasarkan tren yang sedang berlangsung bukan membuat perkiraan yang akan terjadi. Asumsi yang sebagian trader anut dalam follow trend yaitu “Everything flows. Markets go up, down and sideways. They trend. They flow. They surprise.”

Baca juga: Stockbit Sukses Gelar Kompetisi Trading Saham Bareng UNS Solo

Sementara indikator follow trend adalah suatu alat teknis yang bisa digunakan untuk mengukur arah dan kekuatan tren. Indikator trading ini mempunyai tiga fungsi yaitu mencoba mengingatkan tentang tren yang berkembang, mencoba memprediksi arah harga dalam jangka panjang atau jangka pendek, dan mencoba mengkonfirmasi pengamatan dalam pola harga dan indikator teknis lain.

Prinsip jadi trend follower sukses adalah beli tinggi dan jual lebih tinggi, ikuti saja harga, berani mengambil risiko dalam trading, tidak ada target keuntungan yang besar sehingga bisa mencoba mengikuti tren yang masif, dan trading ke semua pasar sehingga bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan tren.

Baca juga:  Apa itu Pola Head and Shoulders dalam Trading Kripto?

Sedangkan, counter trend merupakan suatu pendekatan perdagangan yang mencoba mendapatkan keuntungan dari pergerakan harga yang berlawanan dengan tren yang sedang berlaku. Strategi ini cenderung digunakan untuk jangka menengah antara beberapa hari ataupun beberapa minggu. Jadi, trader pada strategi ini mencoba menciptakan keuntungan kecil dengan melawan tren yang sedang berlangsung.

Prinsip jadi counter trend sukses adalah bertujuan untuk entri yang tepat, pertahankan kerugian yang sederhana, dan tetapkan target laba konservatif.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com