Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Seorang Investor memantau perdagangan saham. Foto ilustrasi: Investor Daily/David Gita Roza

Seorang Investor memantau perdagangan saham. Foto ilustrasi: Investor Daily/David Gita Roza

Yuk Nabung Saham Dorong Mahasiswa Jadi Trader

Kamis, 11 Februari 2021 | 18:55 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – Kampanye Yuk Nabung Saham Bursa Efek Indonesia (BEI) mampu mendorong mahasiwa menjadi trader. Salah satunya Nandito Illahi, mahasiswa Institut Bisnis Informatika Kesatuan Bogor.

Dito awalnya antusias mengikuti mata kuliah pasar modal. Akhirnya, dia memberanikan diri untuk terjun langsung ke pasar modal dengan menjadi trader. 

“Saya tertarik untuk mempelajari pergerakan harga saham. Buat saya, tidak ada kata terlambat untuk mulai berinvestasi saham dan tentunya dapat dimulai bahkan sejak masih kuliah. Berbekal dari kampanye Yuk Nabung Saham, saya pun mulai memberanikan diri untuk membuka rekening saham di MNC Sekuritas. Prosesnya mudah dan cepat, sehingga saya semakin yakin berinvestasi di pasar modal,” jelas Dito, Kamis (11/2/2021).

Sebagai bagian dari unit bisnis PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan MNC Group, MNC Sekuritas senantiasa mengutamakan kualitas pelayanan untuk para nasabahnya. Apapun profesi dan latar belakang nasabah, mereka dapat mulai berinvestasi saham bersama MNC Sekuritas.

Adalah MNC Trade New yang merupakan aplikasi perdagangan saham secara online dari MNC Sekuritas. Fitur-fitur terbaik transaksi saham pada MNC Trade New membantu nasabah dalam memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir potensi kerugian. Pada Februari 2021, MNC Sekuritas menyelenggarakan program  “Cerita Saham Kita”, di mana nasabah dapat berbagi kisah investasi saham yang seru dan menginspirasi.  Hadiah ini terbuka selama periode 1-28 Februari 2021. MNC Trade New tersedia untuk versi Desktop maupun Mobile, yaitu di Play Store dan App Store.

Berdasarkan data BEI, jumlah single investor identification (SID) pada akhir 2020 bertambah 1,39 juta, melonjak 61% dibandingkan akhir 2019. Alhasil, jumlah SID meningkat dari 2,4 juta menjadi 3,88 juta. Bahkan per 4 Februari 2021, jumlah SID di pasar modal sudah melampaui 4,1 juta. Adapun SID di pasar saham bertambah 590.658, melesat 134% menjadi 1,7 juta dari 1,1 juta.

Penambahan SID domestik ritel di pasar modal dan saham memecahkan rekor tertinggi sepanjang sejarah pasar modal Indonesia. Begitu pula rata-rata transaksi harian investor domestik ritel. Data BEI menunjukkan, jumlah investor baru berusia 18-25 tahun bertambah 280.569 atau 48,7% dari total investor baru. Kenaikan itu diikuti investor di bawah usia 30 tahun dan 40 tahun, namun tidak sepesat jumlah investor milenial

Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi menjelaskan, dari segi jumlah, Gen Z dan Milenial sudah menjadi pemain dominan di pasar modal Indonesia. Dari tahun ke tahun jumlah mereka terus meningkat. Bahkan, di tengah pembatasan mobilitas masyarakat akibat Covid-19, Gen Z menjadi pendorong kebangkitan investor ritel domestik di pasar saham.
 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN