Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Investor melihat pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Investor melihat pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Darma Henwa Berencana Private Placement 5,87 Miliar Saham

Kamis, 14 Januari 2021 | 14:25 WIB
Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id - PT Darma Henwa Tbk (DEWA) berencana menggelar penerbitan saham baru tanpa hak memesan efek terlebih dahulu atau private placement sebanyak 5,87 miliar saham. Aksi korporasi ini dilakukan setelah mendapatkan persetujuan pemegang saham dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 27 Januari 2021.

Berdasarkan keterbukaan informasi, Kamis (14/1), perseroan akan menerbitkan saham biasa seri B sebesar 5,87 miliar saham dengan harga pelaksanaan Rp 60 per saham, sehingga perseroan berpotensi meraup dana segar hingga Rp 352,24 miliar.

Seluruh saham seri B yang diterbitkan akan digunakan untuk penyelesaian kewajiban perseroan kepada pemberi pinjaman. Dengan demikian struktur permodalan perseroan lebih baik dengan rasio utang terhadap modal yang lebih rendah. Selain itu, penyelesaian kewajian tersebut bakal menurunkan beban keuangan, sehingga meningkatkan profitabilitas.

Berdasarkan laporan keuangan konsolidasian perseroan per 30 Juni 2020, Darma Henwa memiliki kewajiban jatuh tempo senilai US$ 23,80 juta kepada Highrank Investment Limited (HI). HI merupakan kreditur perseroan berdasarkan surat pemberitahuan pengalihan piutang tanggal 4 November 2019. Kemudian, HI menerima pengalihan dari READ Finance Company Ltd atas hak tagih sejumlah US$ 23,80 juta kepada Perseroan berdasarkan perjanjian pengakuan utang tanggal 27 Desember 2018.

Sehubungan dengan aksi tersebut, HI telah menyampaikan demand of payment pada 14 Juli 2020, karena sampai dengan tanggal tersebut Darma Henwa belum memenuhi kewajiban pembayaran dalam pengakuan utang yang seharusnya dilakukan pada tanggal 1 Juli 2020.

Pada 21 September 2020, perseroan dan HI membuat perjanjian penyelesaian atas kewajiban perseroan kepada HI, seperti memuat ketentuan bahwa terhadap pokok Fasilitas sebesar US$ 23,80 juta akan diselesaikan melalui skema pembayaran selambat-lambatnya tanggal 5 Januari 2021 atau konversi seluruh pokok fasilitas menjadi saham biasa seri B Perseroan dengan perhitungan hutang menjadi mata uang rupiah pada kurs tukar yang disepakati sebesar Rp 14,800 per US$ 1.

Jalin Kerjasama

Sebelumnya, perseroan telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan perusahaan ban asal Tiongkok, Fujian Haian Rubber Co Ltd. Kerjasama ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas alat berat dalam operasional tambang.

Vice President Director Darma Henwa Prabhakaran Balasubramanian mengatakan, kerjasama ini berdurasi lima tahun. Dalam perjanjian pengelolaan ban ini, Fujian Haian Rubber melalui entitas usahanya, PT Luan Tyre Indonesia akan menyediakan seluruh kebutuhan ban untuk keperluan alat berat di proyek batubara Darma Henwa.

"Proyek batubara yang dimaksud berada di Bengalon, Kalimantan Timur, Asam Asam dan Satuni-Senakin di Kalimantan Selatan," jelas dia dalam keterangan resmi.

Perjanjian pengelolaan ban ini meliputi pengadaan, pemasangan dan pemeliharaan ban serta pelatihan rutin tentang penggunaan ban dan pengawasan kegiatan operasional operator Darma Henwa. Balasubramanian berharap melalui kerjasama ini, Fujian Haian akan memberikan biaya ban yang standar dan mengurangi beban Darma Henwa dalam pengelolaan ban yang mencapai 30% dari total biaya.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN