Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM). Foto: Perseroan.

PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM). Foto: Perseroan.

Jasa Armada Bidik Ekspansi Jasa Ke Pelabuhan Patimban

Minggu, 22 November 2020 | 11:00 WIB
Muhammad Ghafur Fadila

JAKARTA, Investor.id - PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) menyatakan minat untuk menyediakan pelayanan jasa tunda dan kapal pandu di pelabuhan Patimban, Subang. Selain itu, perseroan tengah mempersiapkan sejumlah rencana merger dan akuisisi tahun depan.

Direktur Jasa Armada Indonesia Amri Yusuf mengatakan, kini, perseroan sedang menunggu instruksi dari pemerintah Indonesia untuk mendapatkan wewenang memberikan pelayanan jasa penundaan dan pemanduan kapal di pelabuhan tersebut. Ketertarikan perseroan didukung potensi permintaan jasa tunda dan pemanduan kapal di pelabuhan Patimban ke depan.

“Sejalan dengan fokus kami, yakni melakukan konsolidasi kontrak-kontrak potensial di sejumlah terminal umum, khususnya Indonesia. Saat ini” jelasnya kepada Investor Daily di Jakarta, Minggu (22/11).

Selain ekspansi ke pelabuhan Patimban, dia mengatakan, perseroan berniat untuk melakukan sejumlah merger dan akuisisi bersifat anorganik sepanjang 2021. Namun demikian, Jasa Armada belum bersedia merinci sejumlah aksi tersebut, karena sedang memasuki tahap pembicaraan. “Kami sudah melakukan pertemuan dengan beberapa mitra strategis yang dapat mewujudkan aksi korporasia tersebut,” ujarnya.

Guna mendukung rencana ekspansi tersebut, dia mengatakan, perseroan akan menambah empat kapal baru tahun 2021, yaitu satu jenis kapal tunda dan tiga kapal jenis berbeda sesuai dengan kebutuhan perseroan. Untuk diketahui, hingga November 2020, Jasa Armada Indonesia memiliki total 83 armada kapal berjenis tug boat, pilot boat, dan mooring boat. “Pada Desember nanti, ada empat kapal tunda baru bertenaga mesin 2x2200 horsepower yang masuk dalam armada kami. Nilai kontrak pembangunan kapal ini mencapai Rp 230 miliar,” kata dia.

Kemudian dari segi kontrak, lanjut dia, Jasa Armada tengah mengincar kontrak pada proyek Jakarta Satu Power yang masih dalam tahap pembicaraan. Perseroan akan menerapkan strategi otomasi dan digitalisasi untuk mengoptimalkan penggunaan produk dan layanan dari industri keuangan.

Sebelumnya, anak usaha PT Pelindo II (IPC) tersebut menetapkan pembagian dividen interim berjumlah Rp 10,6 miliar atau setara dengan Rp 2 per saham. Pembagian dividen ini sejalan dengan kinerja positif perseroan membukukan laba pada kuartal-III sebesar Rp 69,7 miliar, raihan ini tumbuh 1,3% dari sebelumnya Rp 68,8 miliar.

Pertumbuhan ini ditopang oleh peningkatan pendapatan sebesar 3,8% menjadi dari Rp 491,7 miliar menjadi Rp 510,2 miliar sampai kuartal III-2020. Sedangkan penyumbang terbesar pendapatan masih berasal dari jasa pelayanan kapal, yakni jasa penundaan/towage mencapai 87,9% dan jasa pemanduan/pilotage.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN