Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT KBI sudah siap new normal

PT KBI sudah siap new normal

KBI: New Normal akan Jadi Sentimen Positif Industri Perdagangan Berjangka

Thereis Kalla, Jumat, 29 Mei 2020 | 13:21 WIB

JAKARTA, investor.id – PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) menyatakan kesiapannya untuk kembali beroperasi dengan layanan prima, di tengah langkah menuju era The New Normal yang dicanangkan pemerintah.

Beroperasinya kembali KBI dalam situasi new normal ini,  diharapkan mampu menjadi sentimen positif untuk mendorong industri perdagangan berjangka.

Direktur Utama PT KBI Fajar Wibhiyadi mengatakan, KBI telah menyiapkan protokol operasional untuk menjalankan operasi di kenormalan baru tersebut. Protokol tersebut menyangkut protokol kesehatan bagi karyawan, serta protokol pelayanan prima bagi pemangku kepentingan.

“Saat ini persiapan telah kami lakukan, dan apabila suatu saat kementerian memberikan arahan untuk beroperasi dan karyawan kembali masuk, kami sudah siap 100% beroperasi dengan layanan prima dalam situasi New Normal,” jelas Fajar dalam keterangan resminya pada Jumat (29/5).

Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero)
Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero)

Dalam protokol yang disusun, lanjut Fajar, KBI juga akan memastikan bahwa karyawan yang akan masuk dinyatakan sehat, serta tidak memiliki penyakit bawaan yang berpotensi terpapar Covid-19.

Protokol kesehatan juga akan diterapkan secara masif, karyawan dan lingkungan kerja diupayakan semaksimal mungkin dalam kondisi steril.

Dalam protokol yang ada, KBI juga menerapkan kebijakan physical distancing di lingkungan kerja sesuai dengan protokol yang ditetapkan pemerintah.

“Selain itu, KBI tetap melakukan pembatasan terhadap pertemuan dengan para pemangku kepentingan, khususnya para anggota kliring. Hingga saat ini, segala bentuk korespondensi, koordinasi serta rapat-rapat, kami lakukan dengan cara virtual yang memanfaatkan teknologi,” katanya.

Fajar menjelaskan, salah satu pemanfaatan teknologi yang dilakukan KBI, dengan menyediakan laporan kliring yang dapat diakses melalui Sistem Kliring Derivatif yang tersedia bagi setiap anggota kliring.  Bagi para investor, KBI telah menyediakan aplikasi digital yaitu SITNa, dimana investor dan perusahaan pialang akan saling terhubung, dan investor dapat memantau investasi yang dilakukan meskipun hanya dari rumah.

“Kegiatan bisnis di era new normal ini ke depan kami perkirakan akan menjadi tren. Dengan pemanfaatan teknologi, proses bisnis akan mampu dijalankan lebih cepat dan tentu lebih murah. Apalagi dengan kondisi vaksin Covid-19 yang belum ditemukan, kami perkirakan situasi ini akan berlangsung dalam beberapa waktu ke depan,” kata Fajar.

Di sisi lain, KBI juga terus meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi, baik dalam kaitan perdagangan berjangka komoditi, pasar fisik, maupun dalam peran kami sebagai pusat registrasi resi gudang.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN