Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Rumah tipe Cendana View. Foto: Beritasatu Photo

Rumah tipe Cendana View. Foto: Beritasatu Photo

Kuartal I-2021, Penjualan Lippo Karawaci Melesat 86%

Kamis, 8 April 2021 | 11:20 WIB
Farid Firdaus (farid.firdaus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id – PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) berhasil menorehkan kinerja gemilang selama kuartal I-2021. Penjualan perseroan melonjak 86% year on year (yoy) menjadi Rp 1,31 triliun, dibandingkan Rp 703 miliar pada kuartal I-2020. Peningkatan penjualan tersebut didorong penjualan cluster perumahan tapak segmen kelas menengah yang mewakili 63% dari total penjualan.

CFO Lippo Karawaci Yudhistira Rusli mengatakan, lebih dari 50,6% marketing sales sepanjang kuartal I-2021 didukung keberhasilan peluncuran proyek perumahan tapak terbesar perseroan, yakni Cendana Icon di Lippo Village. “Pencapaian ini merupakan penjualan tertinggi perseroan dalam satu hari selama lebih dari 20 tahun,” kata dia dalam keterangan resmi, Kamis (8/4).

Menurut Yudhistira, Cendana Icon terdiri atas 741 rumah hunian dan 46 ruko yang mewakili marketing sales hingga saat ini sebesar Rp 664 miliar. Sementara itu, permintaan untuk proyek yang sedang berjalan atas gedung bertingkat juga menunjukkan daya tarik yang positif karena kemajuan penyelesaian konstruksi untuk dua proyek terakhir telah melebihi 95%.

Lippo Karawaci juga optimistis terhadap peningkatan penjualan pada kuartal II-2021. Hal ini akan didukung peluncuran dua proyek baru, yakni cluster Cendana di Lippo Village dan peluncuran cluster komersial di Lippo Cikarang.

Selain penjualan dari segmen residensial, penjualan komersial meningkat 965% year on year menjadi Rp 53 miliar hingga kuartal I-2021. Sedangkan penjualan segmen industrial naik 162% year on year menjadi Rp 203 miliar seiring dengan meredanya pandemi Covid -19 dan membaiknya iklim investasi di Tanah Air.

Penjualan proyek apartemen turut melonjak 248% year on year hingga kuartal I-2021 karena hampir terselesaikannya pembangunan untuk semua proyek yang sedang berjalan. Pada kuartal I 2021, empat dari enam proyek yang sedang berjalan telah diselesaikan. Sedangkan dua proyek lainnya di Holland Village Jakarta dan Embarcadero telah selesai lebih dari 95%.

Tahun ini, Lippo karawaci mematok target marketing sales sebesar Rp 3,5 triliun. Sebanyak 60% diantaranya berasal dari perusahaan induk. Dengan pencapaian penjualan sebesar 37% dari target marketing sales untuk tahun buku 2021, manajemen Lippo Karawaci optimistis sekitar 60% target marketing sales tahun ini dapat dicapai pada semester I-2021.

Yudhistira menjelaskan, proyek utama yang akan mendorong pemasaran penjualan pada kuartal II-2021 hingga akhir tahun adalah rumah tapak baru di Lippo Village dan di Waterfront Estates. Proyek tersebut merupakan segmen perumahan yang terjangkau.

“Kami memproyeksikan dapat menjual sebesar Rp300 miliar dalam proyek apartemen yang sedang berjalan karena semuanya ditargetkan akan selesai pada awal kuartal II-2021. Serta didukung juga oleh penjualan yang kuat di San Diego Hills sebesar Rp260 miliar,” jelas dia.

Seperti diketahui, Lippo Karawaci adalah perusahaan real estat terintegrasi terkemuka di Indonesia dengan total aset sebesar US$ 4,13 miliar per 30 September 2020. Bisnis inti perseroan terdiri dari pengembangan perumahan di daerah perkotaan, lifestyle malls dan layanan kesehatan. Perseroan juga secara aktif terlibat dalam pengembangan terintegrasi, perhotelan, pengembangan dan manajemen perkotaan, serta layanan manajemen aset.

Hadir di 40 kota, Lippo Karawaci adalah pengembang properti terkemuka di Indonesia dengan 1.411 ha landbank yang siap untuk dikembangkan. Melalui dua anak usaha, PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK), dan PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk (GMTD), perseroan mengembangkan dan mengoperasikan pengembangan kota di Lippo Cikarang, Bekasi dan di Tanjung Bunga, Makassar.

Selain itu, Lippo Karawaci memiliki 55,4% saham dalam PT Siloam International Hospitals Tbk, jaringan rumah sakit swasta terkemuka di Indonesia, dengan 39 rumah sakit di 24 kota di seluruh Indonesia. Perseroan turut mempunyai kepemilikan di Lippo Malls Indonesia Retail Trust, REIT yang tercatat di Bursa Efek Singapura dengan aset yang dikelola sebesar US$ 1,1 miliar per 30 September 2020.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN