Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Petugas sedang berjaga di main hall Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Foto ilustrasi:  Beritasatu Photo/Uthan AR

Petugas sedang berjaga di main hall Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Foto ilustrasi: Beritasatu Photo/Uthan AR

Perdagangan Saham BABP dan BHIT Dibuka Kembali, Apakah Masih Bisa Lanjutkan Lonjakan Harga?

Jumat, 11 Juni 2021 | 08:14 WIB
Parluhutan Situmorang

JAKARTA, Investor.id - Bursa Efek Indonesi (BEI) membuka kembali perdagangan saham dan waran PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) dan PT MNC Investama Tbk (BHIT) mulai sesi I akhir pekan ini. Apakah kedua saham tersebut masih bisa lanjutkan lonjakan harga?

Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI Lidia M Panjaitan dan PH Kepala Divisi Pengaturan & Operasional Perdagangan BEI Mulyana mengungkapkan, suspensi saham BABP dan BHIT dibuka kembali di pasar regluer dan tunai mulai sesi I, Jumat (11/6). Begitu juga dengan perdagangan waran BABP-W3 dan BABP-W4 dibuka kembali bersamaan dengan saham BABP.

“Perdagangan saham BHIT di pasar reguler dan tunai dibuka kembali mulai perdagangan saham sesi I pada 11 Juni 2021,” tulisnya melalui penjelasan resmi di Jakarta, kemarin.

BEI sebelumnya menghentikan sementara perdagangan saham BABP dan BHIT. Suspend saham BABP dipicu atas peningkatan harga kumulatif dalam beberapa hari terakhir, sehingga perlu dilakukan cooling down. Berdasarkan data BEI, saham BABP menguat dari level Rp 184 menjadi Rp 410 sepajang perdagangan saham terakhir bulan ini.

Kenaikan harga year to date mencapai 720% dari Rp 50 menjadi Rp 410 dengan kapitalisasi pasar meningkat menjadi Rp 10,39 triliun. Begitu juga dengan BABP-W4 telah melonjak dari level Rp 124 menjadi Rp 338.

Lonjakan harga saham dan waran BABP tersebut didodorong aksi korporasi peluncurkan digital banking perseroan. Manajemen juga berniat menjadikan Bank MNC sebagai bank digital besar di Tanah Air yang masuk dalam ekonsistem grup MNC. Selain itu, Bank MNC akan menerbitkan saham baru melalui HMETD dan private placement untuk memperkuat modal, sehingga nantinya menjadi bank buku III.

Kenaikan harga yang tak kalah hebatnya juga melanda saham induk usaha BABP, yaitu BHIT, saham ini melonjak mengalami lonjakan dari level Rp 57 menjadi Rp 143 sepanjang perdagangan bulan ini. Lonjakan tersebut didukung sentimen kenaikan harga saham BABP dan sejumlah aksi investasi yang dilakukan MNC grup dalam pengembangan bank digital.

Sedangkan year to date harga saham BHIT melonjak 116,67% dari Rp 66 menjadi Rp 143. Lonjakan harga saham tersebut membuat nilai kapitalisasi pasar BHIT meningkat menjadi Rp 10,55 triliun.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN