Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pada Grand Launching Festival Kreatif 2021, Rabu (1/9). Investor Daily/Prisma Ardianto

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pada Grand Launching Festival Kreatif 2021, Rabu (1/9). Investor Daily/Prisma Ardianto

Adira Finance-Kemenparekraf Gelar Festival Kreatif Lokal 2021

Rabu, 1 September 2021 | 17:14 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar Festival Kreatif Lokal 2021. Penyelenggaraan acara ditujukan sebagai bentuk dukungan terhadap UKM di destinasi super prioritas pariwisata Indonesia.

Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan apresiasi kepada Adira Finance atas kolaborasi berkelanjutan dengan Kemenparekraf melalui penyelenggaran Festival Kreatif Lokal 2021. Kegiatan itu dinilai turut mendukung upaya pemerintah untuk mempromosikan produk-produk ekonomi kreatif, UMKM unggulan subsektor kuliner, kriya, dan fesyen dari lima destinasi super prioritas yakni Borobudur, Danau Toba, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang.

"Tidak hanya kepada masyarakat Indonesia tapi juga dunia internasional. Semoga Festival Kreatif Lokal juga bisa melahirkan pelaku-pelaku ekonomi kreatif yang tangguh dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai situasi yang menantang, cermat memanfaatkan peluang pasar," kata Sandiaga pada Grand Launching Festival Kreatif 2021, Rabu (1/9).

Menparekraf juga menegaskan, pelaku ekonomi kreatif perlu cerdas memanfaatkan media digital seperti marketplace. Mengingat di masa pandemi ini terjadi perubahan tren belanja masyarakat dari offline ke online.

"Saya mengajak para UMKM untuk tumbuh bersama Adira Finance dan menjadi bagian dari Festival Kreatif Lokal 2021," tandas dia.

Sementara itu, Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli menerangkan, saat ini menjadi momentum yang baik untuk bersama-sama bangkit. Namun demikian, pandemi harus dihadapi dengan kreatif dan inovatif, serta mencari ceruk peluang baru. Oleh karena itu, Adira Finance bersama Kemenparekreaf kembali menyelenggarakan Festival Kreatif Lokal 2021 untuk turut mengembangkan dan meningkatkan kualitas UKM di Indonesia.

"Hal ini sebagai konsistensi kami mendukung program pemerintah untuk bangga buatan Indonesia dan beli kreatif lokal. Kolaborasi ini kami bentuk untuk menggerakkan perekonomian melalui pengembangan UKM melalui lima destinasi super prioritas wisata Indonesia. Melalui Festival Kreatif Lokal, kami berharap UKM dapat tumbuh lebih maju sejalan dengan visi perusahaan untuk tumbuh bersama guna meningkatkan kesejahteraan," kata dia.

Hafid mengungkapkan,  sejak awal Festival Kreatif Lokal diselenggarakan di tahun lalu, visi Adira Finance adalah menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan, terutama pada sektor ekonomi kreatif. Diharapkan penyelenggaraan acara dapat membuka peluang kepada UKM untuk bersama-sama tumbuh dan membangun perekonomian Indonesia di tengah tantangan pandemi.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian HUT ke-31 Adira Finance di bawah payung program CSR Adira Finance untuk Indonesia, khususnya pilar Sahabat Lokal yang fokus terhadap pemberdayaan sektor pariwisata, budaya, kearifan lokal dan UMKM. Selama hampir satu setengah tahun pandemi di Indonesia, ini menjadi kedua kalinya kami menggelar Festival Kreatif Lokal," jelas dia.

Lebih lanjut, Hafid menuturkan, festival sebelumnya mengusung semangat bangkit agar bertahan menghadapi tantangan. Saat ini pihaknya menggelorakan semangat tumbuh bersama sahabat, melalui tema ini kami berharap bisa menjadi momentum untuk mengubah pola pikir dari fix mindset to growth mindset.

"Sehingga para pelaku UKM tumbuh bersama melalui kolaborasi dan menunjukkan semangat terus maju, melebarkan peluang produk UKM Indonesia, makin diakui secara nasional dan dikenal dunia," ucap dia.

Festival Kreatif Lokal 2021 meliputi serangkaian kegiatan yaitu Kreatif Lokal Award sebagai apresiasi Adira Finance kepada pelaku usaha atas upaya memberdayakan masyarakat melalui kreativitas. Kemudian Malam Gebyar Adira Kreasi 2021 pada November mendatang di Candi Borobudur, Jawa Tengah. Acara yang digelar bertepatan dengan HUT ke-31 Adira Finance itu turut mengumumkan para pemenang Kreatif Lokal Award.

Direktur Adira Insurance Wayan Pariama menambahkan, Zurich sangat bangga dapat mendukung Festival Kreatif Lokal yang bertujuan untuk membuka peluang baru bagi para UMKM. Pihaknya meyakini kegiatan itu mampu mendorong pertumbuhan dan meningkatkan daya saing UMKM sehingga akan berdampak positif bagi perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

"Tentu saja Zurich akan hadir bagi pelaku UMKM untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya perlindungan dalam menjalankan usaha. Tidak hanya perlindungan atas aset usaha, namun juga perlindungan untuk diri sendiri, keluarga, hingga karyawan, yang tentunya sangat berpengaruh jalannya usaha tersebut," kata dia.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN