Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Pekan Depan, Lowongan 7 Posisi Komisioner OJK Mulai Dibuka

Jumat, 31 Desember 2021 | 15:29 WIB
Triyan Pangastuti

JAKARTA, investor.id Pemerintah melalui panitia seleksi (pansel) tengah mencari calon anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) untuk kepemimpinan periode 2022-2027. Panitia seleksi dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 145/P Tahun 2021 tentang Pembentukan Panitia Seleksi Pemilihan Calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Periode 2022-2027.

Calon anggota terpilih akan menggantikan Ketua Dewan Komisioner (DK) OJK Wimboh Santoso dan enam orang komisioner lainnya yang masa jabatannya berakhir pada 20 Juli 2022 mendatang.

“Panitia seleksi berjumlah sembilan orang dan keanggotaannya terdiri atas unsur pemerintah, Bank Indonesia, dan masyarakat. Saya dan Pak Perry (Gubernur BI) serta anggota pansel mengundang seluruh putra-putri terbaik bangsa Indonesia turut mengambil bagian dan mendaftar sebagai calon anggota dewan komisioner OJK," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang juga ketua pansel merangkap anggota dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (31/12).

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia ini mengungkapkan, pengumuman pembukaan pendaftaran calon anggota Dewan Komisioner (DK) OJK akan dimuat di surat kabar Harian Kompas edisi Senin, 3 Januari 2022, dan di laman https://seleksi-dkojk.kemenkeu.go.id.

"Jadi, pengumuman akan kami sampaikan, kualifikasi apa yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftar sebagai calon anggota DK OJK, akan disampaikan secara publik secara terbuka di surat kabar nasional," ucap Sri Mulyani.

Lebih lanjut ia mengatakan, pendaftaran dilakukan secara daring atau online dan dibuka selama 12 hari kerja mulai 7 Januari 2022 sampai 25 Januari 2022. Pendaftaran ditutup tanggal 25 Januari 2022 pukul 23.59 WIB.

Pendaftaran dibuka untuk tujuh posisi jabatan di luar jabatan ex-officio, yakni ketua DK OJK merangkap anggota DK OJK, wakil ketua DK OJK sekaligus ketua komite etik merangkap anggota DK OJK, dan kepala eksekutif pengawas perbankan merangkap anggota DK OJK.

Lalu, posisi kepala eksekutif pengawas pasar podal merangkap anggota, kepala eksekutif pengawas perasuransian, dana pensiun, lembaga pembiayaan, dan lembaga jasa keuangan lainnya merangkap anggota DK OJK, ketua dewan audit merangkap anggota, serta anggota yang membidangi edukasi dan perlindungan konsumen.

Adapun proses seleksi yang akan dilakukan calon anggota dewan komisioner terdiri atas empat tahap yakni pertama, administrasi. Kedua, penilaian makalah, rekam jejak, dan masukan masyarakat. Ketiga, penilaian asesmen dan tes kesehatan. Keempat, afirmasi atau wawancara.

 

Dilantik Juli 2022

Nantinya, pansel akan memilih 21 nama calon anggota DK OJK alias tiga orang per satu posisi. Dari 21 nama, Presiden RI Joko Widodo akan memilih dan mengajukan 14 nama kepada DPR RI untuk menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test). Sesudah uji kepatutan dan kelayakan tersebut, presiden akan menetapkan tujuh calon anggota DK OJK periode 2022-2027.

"Seluruh proses ini diharapkan, Insya Allah dilantik pada tanggal 20 Juli 2022. Kami undang mereka yang memiliki kualifikasi, untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota DK OJK 2022-2027," pungkas Sri Mulyani.

Editor : Nasori (nasori@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN