Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi OJK. (Foto: Beritasatu Photo)

Ilustrasi OJK. (Foto: Beritasatu Photo)

Ini Kandidat Potensial Masuk Dewan Komisioner OJK, Siapa Saja?

Jumat, 7 Januari 2022 | 17:15 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Pendaftaran seleksi pemilihan calon anggota dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2022-2027 mulai dibuka pada 7-25 Januari 2022 secara online.

Dalam pengumuman seleksi pemilihan calon anggota dewan komisioner OJK 2022-2027 disebutkan ada tujuh jabatan yang akan diisi, yakni ketua merangkap anggota; wakil ketua sebagai ketua komite etik merangkap anggota; kepala eksekutif pengawas perbankan merangkap anggota; kepala eksektutif pengawasa pasar modal merangkap anggota.

Kemudian, kepala eksekutif pengawas perasuransian, dana pensiun, lembaga pembiayaan dan lembaga jasa keuangan lainnya merangkap anggota; ketua dewan audit merangkap anggota; dan anggota yang membidangi edukasi dan perlindungan konsumen.

Baca juga: Pendaftaran Calon Dewan Komisioner OJK Dibuka, Ini Syaratnya

Research Director Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Piter Abdullah menilai, ada beberapa sosok potensial masuk dalam dewan komisioner OJK. Salah satunya adalah eks-Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara. Selain itu, Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi dan Direktur Utama PT Danareksa Sekuritas Friderica Widyasari.

“Ada beberapa sosok saya kira potensial seperti Pak Mirza mantan deputi gubernur senior BI, Pak Inarno direktur utama BEI dan Friderica direktur utama Danareksa Sekuritas. Juga pejabat-pejabat di BI, Kementerian Keuangan, dan OJK sendiri saya kira layak untuk mengisi posisi dewan komisioner OJK,” kata Piter kepada Investor Daily, Jumat (7/1).

Baca juga: OJK Bekukan Kegiatan Usaha Danasupra Erapacific, Bursa Suspensi Saham DEF

Piter mengungkapkan, dibutuhkan sosok yang benar-benar paham permasalahan tantangan dan juga membawa solusi bagi sektor keuangan, apalagi sekarang sudah era digital. “Mereka tentunya harus memiliki background pendidikan dan pengalaman yang mencukupi tidak hanya sektor keuangan tetapi juga digital,” sebut Piter.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN