Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF menjalin kolaborasi dengan Proline Finance dan Pinhome untuk memperluas akses pemilikan rumah bagi kalangan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan berpenghasilan tidak tetap (non-fixed income) melalui skema pembiayaan sewa beli (rent to own).

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF menjalin kolaborasi dengan Proline Finance dan Pinhome untuk memperluas akses pemilikan rumah bagi kalangan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan berpenghasilan tidak tetap (non-fixed income) melalui skema pembiayaan sewa beli (rent to own).

SMF Kolaborasi Pembiayaan Sewa Beli bagi MBR dan Non Fixed Income 

Jumat, 23 Des 2022 | 15:45 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id -  PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF menjalin kolaborasi dengan Proline Finance dan Pinhome untuk memperluas akses pemilikan rumah bagi kalangan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan berpenghasilan tidak tetap (non-fixed income) melalui skema pembiayaan sewa beli (rent to own).

Baca juga: BTN Optimis Pembiayaan Perumahan 2023 Tetap Tumbuh

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo menjelaskan, program pembiayaan Rent to Own menawarkan solusi pemilikan rumah yang dapat menjadi jembatan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Khususnya yakni untuk masyarakat berpenghasilan tidak tetap yang selama ini masih terkendala dalam memenuhi administrasi perbankan.

Oleh karena itu, sambung dia, produk dalam kolaborasi ini dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan hunian yang layak dan terjangkau. Termasuk membuka potensi baru bagi penyalur pembiayaan perumahan.

"Program ini merupakan salah satu upaya dan bentuk keberpihakan kami kepada masyarakat Indonesia untuk memperoleh haknya dalam mendapatkan hunian yang layak dan terjangkau, khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan dan belum terfasilitasi," jelas Ananta melalui siaran pers, Jumat (23/12).

Baca juga: Menkeu: BUMN Harus Laporkan Manfaat PMN yang Diterima

Dia berharap, kerjasama bersama Proline Finance dan Pinhome dapat memberikan dampak yang baik. Dampak signifikan juga diharapkan dalam rangka meningkatkan volume penyaluran pembiayaan perumahan dan pemenuhan backlog perumahan, maupun pemulihan ekonomi nasional.

Dalam kolaborasi itu, SMF berperan sebagai penyedia dana yang disalurkan melalui Proline Finance selaku lembaga keuangan. Skema refinancing diterapkan atas pembiayaan sewa-beli yang telah disalurkan oleh Proline Finance dan dengan agunan yang diikat fidusia.

Sementara Pinhome, berperan sebagai aggregator yang menyediakan jasa sewa beli yang membeli rumah secara bulk dari developer dan disewakan (dengan opsi membeli/sewa-beli) pada masyarakat (end-user). Adapun Proline Finance berlaku sebagai originator atas program ini.

Melalui program ini, masyarakat mempunyai akses baru sebagai alternatif pemilikan rumah yang terjangkau untuk meningkatkan taraf hidupnya melalui beberapa langkah yang cukup mudah. Pertama, dimulai dengan masyarakat menentukan rumah idaman yang ingin dimiliki, kemudian Pinhome akan melakukan inspeksi terhadap legalitas rumah tersebut.

Kemudian langkah kedua masyarakat mengirimkan beberapa dokumen persyaratan seperti KTP, NPWP, bukti penghasilan, dan dokumen pendukung lainnya kepada Proline Finance melalui Pinhome. Dokumen tersebut yang akan digunakan sebagai dasar analisa kelayakan pembiayaan.

Program ini lebih banyak membuka kesempatan bagi masyarakat berpenghasilan tidak tetap. Karena dalam proses analisa akan lebih mempertimbangkan seberapa besar keinginan nasabah untuk menyewa, menempati, dan memiliki rumah tersebut.

Berbagai kemudahan yang akan didapatkan melalui program ini, antara lain adalah uang muka atau DP yang terjangkau, cicilan perbulan seringan biaya sewa rumah, serta opsi kepemilikan rumah di akhir periode program. Sehingga program ini dapat menjadi alternatif bagi peminat properti yang ingin memiliki rumah selain melalui pembiayaan perumahan konvensional, serta diharapkan seluruh lapisan masyarakat terutama yang belum mempunyai akses ke perbankan bisa memiliki rumah hunian.
 

Advertisement

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com