Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
(kiri ke kanan): Regional Operation Support Manager Tjoa Kim Hou, Kepala Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Handoyo MBD, Kepala Wilayah Area Jawa Timur Sugeng Hariadi, dan Kepala Area Jawa Timur Shandy Paramayudha usai memberikan keterangan pers tentang Festival Pesona Lokal Surabaya 2019 di Surabaya, Selasa (20/8/2019). (Investor  Daily/Amrozi Amenan)

(kiri ke kanan): Regional Operation Support Manager Tjoa Kim Hou, Kepala Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Handoyo MBD, Kepala Wilayah Area Jawa Timur Sugeng Hariadi, dan Kepala Area Jawa Timur Shandy Paramayudha usai memberikan keterangan pers tentang Festival Pesona Lokal Surabaya 2019 di Surabaya, Selasa (20/8/2019). (Investor Daily/Amrozi Amenan)

Adira Finance Jatim Targetkan Pembiayaan Rp 4,4 Triliun

Amrozi Amenan, Selasa, 20 Agustus 2019 | 19:41 WIB

SURABAYA, investor.id – PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) optimistis tahun ini mampu mancapat target pembiayaan di wilayah Jawa Timur (Jatim) sebesar Rp 4,4 triliun, naik Rp 400 miliar dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 4 triliun.

Kepala Wilayah Area Jatim Adira Finance Sugeng Hariadi mengatakan, optimisme terhadap target 2019 tersebut mengingat pembiayaan di wilayah Jatim masih cukup bagus. “Kami berharap pertumbuhan pembiayaan di wilayah Jatim tetap aman, walaupun kondisi perekonomian secara nasional masih kurang membaik. Pertumbuahan Adira Finance di Jatim mencapai 7%. Untuk itu kami optimistis dengan angka Rp 4,4 triliun itu,” kata dia di Surabaya, Selasa (20/8/2019).

Sugeng mengakui, saat ini pasar penjualan otomotif khususnya roda empat (R4) memang mengalami penurunan secara nasional hingga 13% seiring pertumbuhan ekonomi nasional yang belum mampu menemui harapan para pelaku bisnis. Di sisi lain, untuk kendaraan roda dua (R2) terutama di wilayah Jatim justru naik hingga 2%.

“Dengan demikian, kami pun tetap optimistis target angka akan terpenuhi. Apalagi ini akan didorong oleh pembiayaan nonotomotif atau multipurpose (multiguna) pembiayaan lain. Meskipun kami masih tetap fokus pembiayaan otomotif nantinya,” terang dia.

Dia menyebutkan, multipurpose yang akan mendukung target pembiayaan Adira Finance di wilayah Jatim itu meliputi pembiayaan sektor properti, kesehatan, dan elektronik.

Saat ini pembiayaan Adira Finance di Jatim disumbang antara lain oleh kendaraan R2 sebesar 45%, R4 35%, dan sisanya nonotomotif. “Hingga saat ini kontribusi Jatim terhadap nasional sebesar 10%. Di Jatim kami bagi 10 wilayah yakni Surabaya memiliki kontribusi cukup tinggi disusul wilayah Malang dan Kediri,” terang Sugeng.

Dia menambahkan, pihaknya menjaga non performing financing (NPF) di Jatim di bawah 2%.

“Kami tetap menjaga soal NPF agar tidak berada di atas 2%. Bahkan secara nasional saja saat ini di bawah 2%. Untuk itu, kami tetap menjaga NPF ini tidak naik,” jelas Sugeng.

 

Festival Pesona Lokal

Sementara itu, Adira Finance melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) akan menggelar Festival Pesona Lokal di Lapangan Parkir Plaza Delta, Surabaya, pada 14 September 2019.

Kegiatan bertema Rasakan Sensasi Pesona Lokal yang dilaksanakan dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Adira Finance ke-29 ini juga digelar di 6 kota lainnya di Indonesia yaitu Medan, Bali, Bandung, Makassar, Yogyakarta, dan Jakarta, yang berlangsung mulai Agustus hingga November 2019.

Sugeng mengatakan, kegiatan Festival Pesona Lokal di Surabaya bertujuan untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata, dan kearifan lokal kota Surabaya dan daerah lain di Jawa Timur. Untuk acara ini, Adira Finance melibatkan seluruh masyarakat dan ekosistem Adira Finance yang terdiri atas konsumen, mitra bisnis, dan karyawan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Berbagai aktivitas digelar untuk memeriahkan Festival Pesona Lokal Surabaya,” kata dia.

Selain Parade Karnaval Budaya, kegiatan lain yang mewarnai festival itu antara lain Lomba Tari Lokal Kontemporer, Lomba Desain Motif Khas Lokal Kontemporer, Kompetisi ala Selebgram Lokal, Festival Kuliner dan Foodtruck, dan permainan lokal serta bazaar aneka produk lokal.

Kegiatan ini juga akan dimeriahkan oleh artis ibu kota Dewi Persik dan juga artis lokal Heavy Monster. Sebagai highlight dari kegiatan Festival Pesona Lokal, akan diberikan penghargaan khusus yaitu Kota Paling Mempesona kepada kota penyelenggara yang berhasil menampilkan pesona dan keunikan budaya lokal, serta atraktivitas yang melibatkan masyarakat selama kegiatan berlangsung.

Selanjutnya, terdapat pula penghargaan Provinsi Paling Mempesona yang akan diberikan kepada provinsi dengan kota penyelenggara yang sukses dan berhasil memperlihatkan kekayaan budaya lokal yang beragam dan bervariasi dari provisi tersebut. Kedua penghargaan ini merupakan persembahan dari Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan Adira Finance.

Untuk kegiatan ini, Adira Finance juga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta. Salah satunya adalah Adira Insurance yang juga mendorong penerapan program keselamatan jalan yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk mendukung aksesbilitas kawasan daerah wisata yang aman dan selamat, melalui program Indonesia Road Safety Award (IRSA).

Kegiatan ini juga didukung penuh oleh MUFG Bank, PT Visonet Internasional (OVO), PT Pitoe Sarana Informatika, PT Astra Honda Motor, Coca Cola Amatil Indonesia, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, PT Suzuki Indomobil Sales, PT Triangle Motorindo (VIAR), PT Kawasaki Motor Indonesia, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, PT Asuransi Sinar Mas, PT Isuzu Astra Motor Indonesia, PT Asuransi Raksa Pratikara, PT Solusi Transportasi Indonesia (Grab Indonesia), Comforta, Bank Danamon Indonesia, Telkom, Artajasa, dan Alibaba.

Dalam rangka HUT ke 29 Adira Finance juga akan mengadakan Festival Pasar Rakyat 2019, sebuah program CSR bertujuan untuk membangun citra positif pasar rakyat sebagai ruang publik yang kreatif, edukatif, dan berbudaya sekaligus mengedukasi serta mendorong keterlibatan berbagai pihak agar menjadi bagian dari upaya pengembangan pasar rakyat di Indonesia.

Berkolaborasi dengan Yayasan Danamon Peduli, pemerintah daerah setempat, dan berbagai komunitas seni budaya dan UMKM. Festival Pasar Rakyat akan diselenggarakan di kota Magelang, Bogor, Mataram, Pontianak, dan Denpasar.

Selain itu, bagi masyarakat umum, khususnya generasi muda yang memiliki hobi menciptakan dan berbagi konten menarik, Adira Finance juga menggelar ajang tahunan Kompetisi Foto dan Video Sahabat Lokal untuk yang ketiga kalinya.

Dengan mengangkat tema Sensasi Lokal Kotaku, Adira Finance mengajak para peserta untuk mengunggah hasil karya foto di platform Instagram atau video di platform Youtube yang menceritakan tentang potensi lokal suatu destinasi atau daerah di Indonesia termasuk keindahan alam, tempat wisata menarik, kuliner, tradisi lokal, kultur budaya, tempat hang out yang sedang populer, serta kerajinan dan oleh-oleh.

“Dengan dukungan pihak pemerintah dan masyarakat, saya harap kegiatan ini dapat menjadi salah satu atraksi ikonik Kota Surabaya, yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara,” terang Sugeng.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN