Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Uang rupiah.  Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Uang rupiah. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Amartha dan BPR Pujon Salurkan Pembiayaan Rp 3 Miliar

Jumat, 23 April 2021 | 22:33 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) mengumumkan kerjasama penyaluran permodalan dan pendampingan usaha dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Pujon Jaya Makmur. Dalam sinergi itu, pembiayaan senilai Rp 3 miliar akan disalurkan kepada perempuan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di wilayah pedesaan Jawa Timur.

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara Amartha dan BPR Pujon Jaya Makmur oleh Aria Widyanto selaku Chief Risk and Sustainability Officer Amartha dan Sulistiyowati selaku Direktur Utama BPR Pujon Jayamakmur secara virtual pada Rabu (21/4).

Chief Risk and Sustainability Officer Amartha Aria Widyanto menjelaskan, kolaborasi fintech p2p lending dan BPR menciptakan harmonisasi antara dua sektor keuangan. Terutama untuk dapat membuka dan memperluas akses masyarakat pada layanan keuangan digital.

Dia menuturkan, hal tersebut didukung oleh keunggulan fintech pendanaan dalam pengembangan teknologi keuangan. Kemudian diselaraskan dengan BPR yang memiliki kedekatan dan basis data nasabah lokal pada tingkat kecamatan dan kabupaten.

"Amartha sangat berbahagia menyambut kerja sama dengan BPR Pujon Jaya Makmur. Dari komitmen bersama ini akan menyalurkan permodalan usaha produktif kepada ribuan perempuan pelaku UMK di desa untuk mengembangkan ataupun memulai usaha, sekaligus menggerakan roda perekonomian di Malang, Jawa Timur," kata Aria melalui keterangan tertulis yang diterima Investor Daily, Jumat (23/4).

Dia mengatakan, Amartha dan BPR Pujon Jaya Makmur telah menjajaki kerjasama sejak 2018. Dengan dimulainya kerja sama pada 2021, BPR Pujon Jaya Makmur menjadi BPR pertama yang bersinergi di tahun ini, sekaligus menjadi salah satu langkah strategis bagi kedua belah pihak untuk memperluas jangkauan dan pelayanan kepada masyarakat khususnya perempuan.

Aria menambahkan, secara prinsip Amartha membuka kolaborasi dengan BPR lainnya di seluruh Indonesia guna mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Adapun akumulasi pembiayaan Amartha sampai medio April 2021 mencapai Rp 3,54 triliun bagi lebih dari 659 ribu pengusaha mikro, dengan tingkat keberhasilan bayar 90 hari (TKB 90) sebesar 92,24%.

Sementara itu, Direktur Utama BPR Pujon Jayamakmur Sulistiyowati menyatakan, layanan teknologi finansial (financial technology/fintech) tumbuh dengan pesat. Fintech mampu membuka akses layanan keuangan dengan lebih mudah, cepat, dan luas.

"Hal ini mendorong kami untuk melakukan inovasi dalam pelayanan agar dapat menjangkau dan melayani kebutuhan masyarakat lebih luas, mudah dan cepat sehingga mendasari kami untuk bekerja sama dengan fintech Amartha dalam penyaluran pendanaan kepada pelaku UMKM," ucap dia.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN