Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
FIF Group

FIF Group

Astra Financial Restrukturisasi Pembiayaan Rp 21,9 Triliun

Rabu, 20 Mei 2020 | 19:25 WIB
Prisma Adrianto ,Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Tiga perusahaan pembiayaan (multifinance) yang tergabung dalam grup Astra Financial hingga 17 Mei 2020 telah merestrukturisasi 792 ribu debitur terdampak Covid-19, dengan nilai pembiayaan Rp 21,9 triliun. Jumlah itu terdiri atas restrukturisasi 683 ribu unit sepeda motor dan  109 ribu unit mobil.

Berdasarkan catatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sejak 30 Maret sampai 17 Mei 2020, industri multifinance telah melakukan restrukturisasi pembiayaan sebesar Rp 52,9 triliun dari 1,79 juta kontrak yang disetujui.

Dari jumlah itu, nilai restrukturisasi tiga multifinance Astra Financial, yakni PT Astra Sedaya Finance (ACC), PT Toyota Astra Financial Services (TAF), dan PT Federal International Finance (FIF Group) mencapai 41% dari total industri pembiayaan di Indonesia.

FIF Group
FIF Group

Director In Charge Astra Financial, Suparno Djasmin mengapresiasi langkah pemerintah memberikan stimulus untuk meredam dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian nasional.

Sejak awal, menurut dia, Astra Financial juga berkomitmen mendukung langkah-langkah yang ditempuh pemerintah untuk memulihkan perekonomian nasional.

"Arahan dari pemerintah dan OJK kami komunikasikan dengan baik kepada para nasabah di seluruh lembaga jasa keuangan yang tergabung dalam Astra Financial,” ujar Suparno melalui keterangan resmi di Jakarta, Rabu (20/5).

Sementara itu, Presiden Direktur ACC, Siswadi mengatakan, ACC selalu berkomitmen memberikan solusi terbaik secara menyeluruh kepada pelanggan.

“Ini sesuai visi ACC, yaitu to become the 1st choice financing company with total solution,” tutur dia.

Sampai 17 Mei 2020, menurut Siswadi, restrukturisasi yang dilakukan ACC mencapai Rp 11 triliun dari sekitar 78 ribu kontrak.

"Tidak hanya saat awal pembiayaan, pada saat-saat sulit seperti ini pun, ACC tetap memberikan solusi terbaik bagi pelanggan melalui program Simpati Bencana Covid-19 dari ACC," papar dia.

TAF dan FIF

FIF Group
FIF Group

Di sisi lain, Presiden Direktur TAF, Agus Prayitno menjelaskan, jumlah kontrak yang berhasil diselesaikan TAF selama 1,5 bulan terakhir mencapai sekitar 31 ribu kontrak dengan nilai Rp 4,2 triliun.

Dia menegaskan, perseroan terus berkomitmen memberilan pelayanan terbaik bagi setiap nasabahnya.

“Dalam kondisi Covid-19 ini, kami berharap kita semua stay safe and healthy. Guna membantu nasabah yang sedang kesulitan, terutama akibat pandemi Covid-19, TAF telah aktif menawarkan program restrukturisasi bagi nasabah terdampak," ucap dia.

Menurut Chief Executive Officer (CEO) FIF Group, Margono Tanuwijaya, sejak awal April 2020 hingga 17 Mei 2020, FIF Group telah menyetujui relaksasi senilai Rp 6,7 triliun yang dilakukan untuk 683 ribu nasabah di seluruh Indonesia.

Dengan jangkauan dan jaringannya, kata dia, FIF Group turut berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada setiap nasabahnya.

“Dengan semangat kehati-hatian dan spirit membangun Indonesia, FIF Group akan selalu mendukung kebijakan pemerintah membantu masyarakat terdampak Covid-19. Semangat itu tertuang dalam motto Astra, yaitu Sejahtera Bersama Bangsa,” papar dia.

Editor : Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN