Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
FIF Group

FIF Group

FIF Group Siapkan Pinjaman Tanpa Bunga Rp 1,66 Miliar

Jumat, 26 Maret 2021 | 04:51 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - FIF Group menyiapkan dana syariah sebesar Rp 1,66 miliar sebagai pinjaman tanpa bunga bagi 588 UMKM. Inisiatif tersebut menjadi bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) dalam rangka memberdayakan UMKM.

CEO FIF Group Margono Tanuwijaya menyampaikan, perseroan melalui pilar pemberdayaan masyarakat memberikan bantuan modal yang berfokus pada pengembangan UMKM. hal itu dilakukan melalui program dana bergulir, yaitu pemanfaatan dan penyaluran dana sosial syariah yang tepat dan efektif kepada masyarakat, serta mengedepankan transparansi.

"Bantuan tersebut merupakan pinjaman tanpa bunga yang diharapkan dapat meringankan beban serta membantu memajukan UMKM dan mikro dengan baik. Pada program ini, sekitar Rp 1,66 miliar dana syariah FIF Group akan kami salurkan kepada 588 UMKM di seluruh Indonesia," kata dia dalam acara Kickoff dan Webinar Kolaborasi Pembinaan dan Pengembangan UMKM secara virtual, Kamis (25/3).

Dia menerangkan, program CSR selalu mengiring perjalanan FIF Group selama 32 tahun. Melalui kegiatan positif yang senantiasa dilakukan, pihaknya berkomitmen untuk membawa kehidupan yang lebih baik bagi kehidupan masyarakat. Diantaranya melalui empat pilar utama yang menjadi fokus kegiatan CSR yakni pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat.

Menurut Margono, Indonesia masih sangat bergantung pada ekonomi domestik di tengah pandemi yang kini masih berlangsung. Hal itu mengacu pada ketersediaan lapangan kerja, pangan, dan juga kesehatan. Sementara angka kemiskinan dan pengangguran masih meningkat, membuat orang kehilangan pekerjaan dan pendapatan akibat daya beli yang turun.

"Mengacu pada situasi tersebut, FIF Group sangat mendukung program pemerintah terkait pemulihan ekonomi nasional (PEN) terkait pandemi Covid-19. Khusus pada pilar pemberdayaan masyarakat melalui dana bergulir, yaitu pengembangan UMKM dan mikro," ucap dia.

Dia pun mengemukakan, sejak 2016-2020 jumlah UMKM binaan FIF Group mengalami peningkatan cukup signifikan. Hal itu juga yang harapkan terjadi di tahun 2021. Program CSR itu terlaksana sesuai filosofi Catur Dharma Astra, corporate affairs policy PT Astra International Tbk , dan corporate strategy FIF Group.

Pelaksanaan program tanggung jawab sosial FIF Group itu dilakukan secara kolaboratif. Diantaranya bersama environment social responsibility PT Astra International Tbk, Yayasan Dana Bakti Astra, Yayasan Pendidikan Astra Michael D Ruslim (YPA MDR), dan Yayasan Astra Honda Motor untuk mengembangkan UMKM yang ada di Indonesia.

"Bentuk kolaborasi yang dilakukan berupa pengembangan dan pembinaan UMKM dengan cara mencari UMKM yang memiliki semangat dan motivasi tinggi untuk maju. Memberikan bimbingan secara langsung, baik melalui webinar, maupun dengan monitoring keuangan setiap UMKM," kata Margono.

Dalam kesempatan itu, dia pun mengajak seluruh elemen untuk turut serta mengembangkan UMKM di Indonesia, khususnya UMKM binaan FIF Group. Dengan begitu, upaya tersebut diharapkan bisa membangkitkan gairah UMKM sampai suatu hari nanti mampu naik kelas.

"Marilah kita berikan semangat dengan motivasi tinggi untuk menciptakan pasar, sehingga mereka bisa bangkit. Pada akhirnya kita harus yakin dan bangga atas hasil karya dari anak-anak negeri ini yang kreatif dan mampu bersaing untuk berkontribusi secara positif, seta menjadi andalan penyelamat bangsa," tandas Margono.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN