Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Iconomics Research dan RRI memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan jasa keuangan yang memiliki tingkat Brand Usage yang tinggi dan persepsi Brand Awarenss, Brand Image, Customer Service Quality dan Social Economy Contribution yang baik

Iconomics Research dan RRI memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan jasa keuangan yang memiliki tingkat Brand Usage yang tinggi dan persepsi Brand Awarenss, Brand Image, Customer Service Quality dan Social Economy Contribution yang baik

FINANCIAL AWARD 2019

Iconomics Research-RRI Apresiasi Perusahaan Jasa Keuangan dan CEO

Gora Kunjana, Kamis, 5 Desember 2019 | 22:07 WIB

JAKARTA, investor.id - Populasi Indonesia saat ini didominasi oleh kelompok usia milenial (generasi Y). Penduduk tersebut akan menjadi kelompok usia produktif pada tahun 2020 dengan rentang usia 20 tahun hingga 40 tahun.

Menurut data BPS (2017), jumlah populasi milenial mencapai 88 juta jiwa atau 33,75% dari total populasi Indonesia. Generasi milenial menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia saat ini dan beberapa tahun ke depan mengingat jumlahnya yang besar dan kelompok usia produktif.

Iconomics Research bekerja sama dengan RRI melakukan riset survei persepsi milenial Indonesia terhadap industri jasa keuangan Indonesia yaitu perbankan, perusahaan asuransi, perusahaan pembiayaan (multifinance), perusahaan sekuritas, dan fintech.

Riset ini melibatkan 10.000 responden di 10 kota besar di Indonesia pada Oktober 2019. Riset ini merupakan riset brand equity dengan menggunakan lima atribut dasar. Pertama, Brand Usage. Banyaknya milenial yang menggunakan produk dan jasa sebuah perusahaan. Kedua, Brand Awareness. Tingkat pengetahuan milenial atas nama brand  perusahaan. Ketiga, Brand Image. Apresiasi milenial terhadap citra perusahaan. Keempat, Customer Service Quality.Persepsi milenial terhadap kualitas customer service, seperti call center, digital, maupun layanan tatap muka. Kelima. Social Economy Contribution. Persepsi seberapa jauh milenial menilai bahwa perusahaan memiliki kontribusi sosial ekonomi yang tinggi.

Ada beberapa temuan menarik dari riset ini, diantaranya penetrasi jasa keuangan  (yang dilihat dari brand usage perusahaan jasa keuangan  di kalangan milenial Indonesia) masih relatif kecil yaitu 13,04%. Hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah bagi para pelaku industri jasa keuangan di Indonesia untuk terus meningkatkan penetrasinya di kalangan milenial. Apalagi mengingat mereka adalah kelompok usia produktif dan berjumlah lebih dari sepertiga populasi Indonesia.

Meski penetrasi masih relatif rendah, tetapi pengetahuan kelompok milenial  (yang dilihat dari Brand Awareness) atas perusahaan jasa keuangan relatif tinggi yaitu rata-rata 41,32%. Generasi milenial juga cenderung memberikan penilaian yang relatif baik terhadap brand-brand perusahaan jasa keuangan di Indonesia yang terlihat dari persentase Brand Image, persepsi terhadap Customer Service Quality (CSQ) dan Social Economy Contribution (SEC).

Brand awareness yang relatif tinggi dan penilaian yang relatif baik terhadap brand-brand jasa keuangan, merupakan modal yang baik untuk memudahkan perusahaan-perusahaan jasa keuangan meningkatkan penetrasi. Artinya, sebenarnya generasi milenial Indonesia sudah memiliki kesadaraan yang tinggi dan penilaian yang baik terhadap perusahaan jasa keuangan. Tinggal langkah selanjutnya adalah action untuk menggunakan produk-produk jasa keuangan tersebut.

Tingkat persepsi milenial terhadap jasa keuangan
Tingkat persepsi milenial terhadap jasa keuangan

Apresiasi Financial Award 2019

Iconomics Research dan RRI memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan jasa keuangan yang memiliki tingkat Brand Usage yang tinggi dan persepsi Brand Awarenss, Brand Image, Customer Service Quality dan Social Economy Contribution yang baik di atas rata-rata keseluruhan kepada 72 perusahaan jasa keuangan yang terdiri atas 13 bank, 13 perusahaan asuransi jiwa, 10 perusahaan asuransi umum, 12 perusahaan pembiayaan, 4 perusahaan asuransi sosial dan wajib, 8 perusahaan sekuritas dan 12 perusahaan teknologi finansial. Selain. Itu, kami juga memberikan apresiasi kepada 10 CEO yang dinilai telah sukses membuat perusahaan yang mereka pimpin lebih dikenal di kalangan milenial.

Bank BUKU IV

  1. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dengan title “Millennial's Best Brand in Social Economy Contribution”
  2. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dengan title “Millennial's Best Brand in Brand Usage”
  3. PT Bank Central Asia Tbk dengan title “Millennial's Best Brand in Brand Awareness, Brand Image, Customer Service Quality”
  4. PT Bank Danamon Indonesia Tbk dengan title “Millennial's Best Brand in Brand Awareness, Brand Image”

Bank BUKU III

  1. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”
  2. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Image”
  3. PT Bank Syariah Mandiri Tbk dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”
  4. PT Bank Bukopin Tbk dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”
  5. PT Bank Permata Tbk dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness”

Bank BUKU II

  1. PT Bank Multiarta Sentosa (Bank MAS) dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness”
  2. PT Bank Negara Indonesia Syariah dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness”
  3. PT Bank Rakyat Indonesia Syariah Tbk dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awarenss”
  4. PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”

Asuransi Jiwa (Aset > 10 T)

  1. PT Prudential Life Assurance dengan title “Millennial's Best Brand in Brand Usage, Brand Awareness”
  2. PT AIA Financial dengan title “Millennial's Best Brand in Social Economy Contribution”
  3. PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia dengan title “Millennial's Best Brand in Customer Service Quality”
  4. PT Allianz Life Indonesia dengan title “Millennial's Best Brand in Brand Image”

Asuransi Jiwa (Aset < 10 T)

  1. PT Asuransi BRI Life dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Image”
  2. PT Panin Dai-ichi Life dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Image”
  3. PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”
  4. PT Axa Financial Indonesia “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”
  5. PT Great Eastern Life Indonesia dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness”

Asuransi Jiwa ( Aset < 5 T)

  1. PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Image”
  2. PT Asuransi Jiwa Inhealth (Mandiri Inhealth) dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”
  3. PT Asuransi CIGNA Indonesia dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”
  4. PT Asuransi Jiwa Indosurya Sukses dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Image”

Asuransi Umum (Aset > 5 T)

  1. PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) (Askrindo) dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Image”
  2. PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) (Jasindo) dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”
  3. PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Image”
  4. PT Asuransi Adira Dinamika Tbk dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”

Asuransi Umum (Aset < 5 T)

  1. PT Asuransi Wahana Tata (ASWATA) dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Image”
  2. PT BRINS General Insurance dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Image”
  3. PT Bina Dana Artha Tbk (ABDA) dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Image”
  4. PT Asuransi Allianz Utama Indonesia dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”
  5. PT Asuransi ASEI Indonesia dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Image”
  6. PT American International Group (AIG Insurance) dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”

Pembiayaan (Aset > 15 T)

  1. PT Federal International Finance (FIF) dengan title “Millennial's Best Brand in Brand Usage”
  2. PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk dengan title “Millennial's Best Brand in Brand Awareness, Customer Service Quality”
  3. PT BFI Finance Indonesia Tbk dengan title “Millennial's Best Brand in Brand Image”
  4. PT Mandiri Tunas Finance dengan title “Millennial's Best Brand in Social Economy Contribution”

Pembiayaan (Aset < 15 T)

  1. PT Mitra Pinasthika Mustika dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Image”
  2. PT Bussan Auto Finance dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Image”
  3. PT Clipan Finance Indonesia Tbk dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Image”
  4. PT BCA Finance dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”
  5. PT Bank Negara Indonesia Multifinance dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”

Pembiayaan Khusus

  1. PT Pegadaian (Persero) dengan title “Millennial's Best Brand in Brand Usage, Brand Awareness, Brand Image, Customer Service Quality, Social Economy Contribution”
  2. PT Permodalan Nasional Madani (Persero) dengan title “Millennial's Best Brand in Brand Usage, Brand Awareness, Brand Image, Customer Service Quality, Social Economy Contribution”
  3. PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) dengan title “Millennial's Best Brand in Brand Usage, Brand Awareness, Brand Image, Customer Service Quality, Social Economy Contribution”

Asuransi Sosial

  1. Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) dengan title “Millennial's Best Brand in Brand Usage, Brand Awareness, Social Economy Contribution”
  2. Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenegakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan)  dengan title “Millennial's Best Brand in Brand Image, Customer Service Quality”

Asuransi Wajib

  1. PT Jasa Raharja (Persero) dengan title “Millennial's Best Brand in Brand Usage, Brand Awareness, Social Economy Contribution”
  2. PT TASPEN (Persero) dengan title “Millennial's Best Brand in Brand Image, Customer Service Quality”

Sekuritas

  1. PT Mandiri Sekuritas dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”
  2. PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”
  3. PT Morgan Stanley Sekuritas Indonesia dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”
  4. PT Bank Negara Indonesia Sekuritas (BNI Sekuritas) dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”
  5. PT Valbury Sekuritas Indonesia dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”
  6. PT Indo Premier Sekuritas dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”
  7. PT Sinarmas Sekuritas dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”
  8. PT Trimegah Sekuritas Indonesia dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”

Teknologi Finansial

  1. PT Investree Radhika Jaya (Investree) dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”
  2. PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”
  3. PT Digital Alpha Indonesia (Uang Teman) dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness”
  4. PT Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku) dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness, Brand Image”
  1. PT Oriente Mas Sejahtera (Finmas) dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness”
  2. PT Finaccel Digital Indonesia (Kredivo) dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness”
  3. PT Akulaku Silvrr Indonesia (Akulaku) dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness”
  4. PT Digital Tunai Kita (TunaiKita) dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness”
  5. PT Bank Amar Indonesia (Tunaiku) dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness”
  6. PT Layanan Keuangan Berbagi (Dana Rupiah) dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness”
  7. PT Kredit Utama Fintech Indonesia (Rupiah Cepat) dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness”
  8. PT Pinjaman Kemakmuran Rakyat (KlikUMKM) dengan title “Millennial's Admirable Brand in Brand Awareness”

Selain memberikan apresiasi kepada perusahaan, RRI dan Iconomics Research juga memberikan apresiasi kepada 10 CEO sektor finansial yang dianggap telah mengantarkan perusahaan menjadi perusahaan terbaik di bidang keuangan di Indonesia (Top 10 CEO Most Famous Indonesia Financial 2019)

  1. Sainthan Satyamoorty (PT AIA Financial)
  2. Ryan Shane Carland (PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia)
  3. Achmad Baiquni (PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk)
  4. Jens Reisch (PT Prudential Life Assurance)
  5. Sunarso (PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk)
  6. Adrian Gunadi (Investree Radhika Jaya )
  7. Jahja Setiaatmadja (PT Bank Central Asia Tbk)
  8. Pieter Daniel van Zyl (PT Asuransi Allianz Utama Indonesia)
  9. Indra Baruna (PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk)
  10. Lynn Ramli (PT Bussan Auto Finance)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA