Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Investor Daily

Investor Daily

Indomobil Finance Proses Pendanaan Offshore US$ 200 Juta

Selasa, 23 Maret 2021 | 11:37 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Indomobil Finance Indonesia mengaku dalam proses mendapatkan pinjaman sindikasi asing (offshore) senilai US 200 juta. Pendanaan itu akan digunakan perseroan sebagai modal kerja bisnis pembiayaan di tahun ini.
Vice Chairman of Executive Board PT Indomobil Finance Indonesia Gunawan Effendi menerangkan, mulai September 2020 hingga saat ini beberapa kreditor kembali membuka keran kredit. Siklus serupa juga dialami perusahaan pembiayaan (multifinance).

Menurut dia, sudah saatnya bagi perusahaan pembiayaan kembali melakukan aktivitas pembiayaan yang berkualitas dengan memperhatikan rambu-rambu manajemen risiko. Sejumlah strategi meraih pendanaaan pun sudah perseroan mulai sejak awal tahun ini.
"Saat ini Indomobil Finance sedang dalam proses mendapatkan pinjaman offshore dalam mata uang dolar AS yang akan digunakan sebagai modal kerja pembiayaan. Target nilai pinjaman yang akan diraih sebesar US$ 200 juta dan seluruhnya akan dilakukan lindung nilai sebagai antisipasi resiko gejolak nilai tukar," kata Gunawan kepada Investor Daily, Senin (22/3) malam.
Mengacu pada laporan keuangan tahun 2020 Indomobil Finance yang diterbitkan di kanal Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), perseroan diketahui sudah menjalin kesepakatan dengan sejumlah kreditor domestik sejak awal tahun. Setidaknya terdapat empat peristiwa kesepakatan yang dicatatkan perseroan untuk mendapatkan fasilitas pendanaan.
Pada 10 Februari 2021, Indomobil Finance dan PT Bank Danamon Indonesia Tbk menyepakati perpanjangan fasilitas angsuran berjangka sebesar Rp 20 miliar, fasilitas kredit berjangka mencapai Rp 400 miliar, dan fasilitas kredit rekening koran dengan jumlah maksimum Rp 10 miliar. Adapun ketiga fasilitas kredit tersebut diperpanjang sampai 9 Oktober 2021.
Selanjutnya pada 16 Februari 2021, perseroan turut menyepakati perpanjangan kredit rekening koran dengan PT Bank Central Asia Tbk atau BCA dengan jumlah maksimum sebesar Rp 30 miliar sampai dengan 22 Mei 2021. "Sebetulnya akhir minggu ini akan ada lagi signing dengan BCA dan Panin," imbuh Gunawan.
Di sisi lain, Gunawan menuturkan, perseroan sempat membatasi bisnis pembiayaan sejak minggu ketiga Maret 2020 karena pandemi Covid-19. Fenomena tersebut membuat fokus perusahaan mulai dialihkan untuk membantu debitur dalam rangka membayar angsuran. Dalam hal ini, pembayaran angsuran mulai dialihkan dengan menggunakan transfer electronic banking dan penjemputan langsung.
Selain itu, kebijakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait restrukturisasi pinjaman juga turut serta dilakukan perseroan. Kebijakan tersebut bahkan dinilai ikut mendongkrak perbaikan kualitas pembiayaan (non performing financing/NPF) ke level yang jauh lebih baik.
"Indomobil Finance mulai merelaksasi persyaratan kredit dengan menurunkan nilai uang muka pembiayaan secara bertahap sejak Juni 2020. Hasil yang didapat cukup menggembirakan, kualitas pembiayaan di semester II-2020 jauh lebih baik dibandingkan waktu yang sama periode sebelumnya," ungkap Gunawan.
Dia menambahkan, kedepan perseroan juga terus berupaya menjaga rasio NPF di posisi baik. Salah satunya melalui penggunaan data lewat Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) saat proses persetujuan pembiayaan. "Pemanfaatan data SLIK sebagai salah satu proses persetujuan pembiayaan sangatlah membantu dalam memilih debitur yang akan dibiayai sehingga berdampak pada kualitas pembiayaan yang lebih baik," tandas Gunawan.

 

Editor : Iwan Subarkah (subarkah_nurdiawan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN