Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Indomobil Finance

Indomobil Finance

Indomobil Finance Raih Rp 336 Miliar dari PUB Obligasi Berkelanjutan IV

Rabu, 29 Juli 2020 | 22:29 WIB
Thomas E Harefa (thomas@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Di tengah kondisi pasar modal yang masih belum stabil sebagai dampak dari pandemi Covid-19, PT Indomobil Finance Indonesia berhasil memperoleh sumber pendanaan melalui Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) atas Obligasi Berkelanjutan IV dengan Tingkat Bunga Tetap Tahap I Tahun 2020, dengan nilai emisi sebesar Rp 336 miliar. Hal ini menjadi salah satu indikator atas tingkat kepercayaan investor terhadap kinerja dan rekam jejak perseroan.

CEO Indomobil Finance Gunawan menjelaskan, obligasi ini merupakan penerbitan obligasi yang ke-16 kalinya sejak pertama kali perseroan mencari pendanaan melalui pasar modal tahun 2004. Obligasi ditawarkan dalam 3 seri, yaitu Seri A (370 hari), Seri B (3 tahun), Seri C (5 tahun) dengan kupon sebesar 8,45% untuk seri A, 9,55% untuk seri B, dan 9,90% untuk seri C.

Masa penawaran umum dimulai sejak tanggal 27 Juli sampai dengan 29 Juli 2020 dan penjatahan dilakukan tanggal 30 Juli 2020. Perseroan akan menerima hasil emisi obligasi pada 4 Agustus 2020, dan Obligasi PUB IV Tahap I ini akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia pada 5 Agustus 2020.

Gunawan menjelaskan, total obligasi yang sudah pernah diterbitkan oleh perseroan mencapai Rp 10,29 triliun dan sampai dengan 15 Juli 2020 telah dilunasi sesuai jatuh tempo sebesar 89,6% dari total obligasi yang diterbitkan.

“Meskipun industri perusahaan pembiayaan menjadi salah satu industri yang dikhawatirkan akan terdampak dari sisi likuiditas akibat kebijakan restrukturisasi kredit dari pemerintah, perseroan tetap dapat melunasi kewajiban obligasi yang jatuh tempo pada tahun ini sebesar Rp 665 miliar,” terang dia dalam keterangan tertulis yang diterima Investor Daily, Rabu (29/7/2020).

Gunawan, CEO Indomobil Finance.
Gunawan, CEO Indomobil Finance.

Perseroan memperoleh hasil pemeringkatan efek utang jangka panjang dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) dengan peringkat idA (single A). Peringkat ini diberikan kepada perseroan karena sinergi usaha yang kuat dengan Indomobil Group, profil asset – liability management yang kuat, serta portfolio bisnis yang terdiversifikasi. Dana yang diperoleh perseroan dari hasil emisi akan digunakan untuk modal kerja pembiayaan kendaraan bermotor dan alat berat.

Perusahaan yang ditunjuk oleh perseroan sebagai penjamin pelaksana emisi untuk penerbitan obligasi kali ini adalah PT CIMB Niaga Sekuritas, PT Danareksa Sekuritas, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia, PT Indopremier Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas dan PT RHB Sekuritas Indonesia. Sedangkan PT Bank Mega Tbk ditunjuk sebagai wali amanat.

Editor : Thomas Harefa (thomas@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN