Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Jamkrindo. Foto ilustrasi: jamkrindo.co.id

Jamkrindo. Foto ilustrasi: jamkrindo.co.id

Semester I, Penjaminan Kredit Jamkrindo Tumbuh 18%

Prisma Ardianto, Rabu, 31 Juli 2019 | 14:38 WIB

JAKARTA, investor.id - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) telah mencatatkan pertumbuhan penjaminan kredit pada semester I-2019 sebesar Rp 102,88 triliun atau naik 18% secara year on year (yoy). Adapun hingga akhir tahun, target penjaminan kredit mencapai Rp 182,36 triliun akan terlampaui.

Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto memaparkan, bahwa bisnis pada semester I-2019 ditopang oleh segmen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terus menunjukan tren positif. Kemudian, optimalisasi dengan bersinergi bersama Badan Usaha MIlik Negara (BUMN) lain juga turut berkontribusi.

"Kalau growth year on year (yoy) kira-kira sudah 18% sampai semester I. Kalau detail angka sekitar Rp 102,88 triliun lah," ungkap dia saat ditemui di Jakarta, Selasa (30/7).

Adapun komposisi dari bisnis program Kredit Usaha Rakyat (KUR) pemerintah sebesar 37% dan non KUR atau komersial sebesar 63%. "Artinya sepertiga dari volume bisnis itu datang dari program pemerintah, dalam hal ini adalah KUR. Yang duapertiga adalah yang kita cari dalam rangka pengembangan UMKM dan sinergi BUMN," imbuh Randi.

Ia meyakini, bahwa target penjaminan kredit di akhir tahun sebesar Rp 182,36 triliun yang dicanangkan pada Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019 akan terlampaui. Hal tersebut diprediksi melihat geliat bisnis pada semester II yang kembali membaik.

"Biasanya semester II bisa lebih cepat, kemudian juga roda untuk proyek-proyek besar juga sudah bergulir lagi. Kita masih sangat confident bahwa semester II lebih bagus dibanding semester I," papar dia.

Di sisi lain, Randi mengatakan, pada sisa semester II ini Perum Jamkrindo berencana menggandeng tiga perusahaan teknologi finansial (financial technology/fintech). Dalam hal ini, perusahaan terus berkordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenai perkembangan dan status fintech itu sendiri. Beberapa fintech kini tengah melakukan penjajakan bersama Perum Jamkrindo.

"Banyak startup atau fintech yang tidak hanya money landing saja, tapi untuk financing dan sebagainya juga melakukan penjajakan kepada Jamkrindo untuk penjaminannya," pungkas dia.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN